Akademis

Teks Eksplanasi Memiliki Inti yang Terdapat Pada Bagian?

Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian deretan penjelas. Bagian ini menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena secara kronologis, lengkap dengan penjelasan ilmiahnya.

Bagian deretan penjelas dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Penyebab. Bagian ini menjelaskan penyebab terjadinya fenomena tersebut.
  • Proses. Bagian ini menjelaskan proses terjadinya fenomena tersebut, mulai dari awal hingga akhir.
  • Akibat. Bagian ini menjelaskan akibat dari terjadinya fenomena tersebut.

Berikut adalah contoh bagian deretan penjelas dalam teks eksplanasi tentang proses terjadinya hujan:

Penyebab

Hujan terjadi karena adanya proses kondensasi dan presipitasi. Kondensasi adalah proses perubahan wujud dari gas menjadi cair. Presipitasi adalah proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi.

Proses

Proses terjadinya hujan dimulai dengan penguapan air dari permukaan bumi. Air yang menguap akan naik ke atmosfer dan mendingin. Saat air mendingin, uap air akan mengembun dan membentuk awan.

Akibat

Awan yang terlalu berat akan jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk hujan. Hujan dapat berupa hujan gerimis, hujan sedang, atau hujan lebat.

Pengertian Teks Eskplanasi

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan dan menguraikan suatu fenomena, kejadian, atau proses secara ilmiah.

Teks eksplanasi sering digunakan dalam bidang sains dan teknologi untuk memberikan pemahaman yang lebih jelas dan terperinci terhadap suatu hal.

Teks eksplanasi biasanya mengandung fakta atau data yang didukung oleh penjelasan, sehingga memberikan pemahaman yang lebih kompleks dan mendalam terhadap suatu fenomena.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)