Akademis

Bagaimana Pengertian Historiografi Menurut Soedjatmoko?

Pengertian historiografi menurut soedjatmoko adalah titik puncak dari aktivitas riset oleh sejarawan. Dalam metodologi sejarah, historiografi ialah bagian terakhirnya. Langkah terakhir, namun langkah tersebut merupakan langkah paling berat.

Sementara secara bahasa, historiografi berasal dari dua kata, yaitu “history” yang berarti sejarah dan “graph” yang berarti tulisan. Menurut KBBI, historiografi artinya adalah penelitian sejarah.

Siapa Soedjatmoko?

Soedjatmoko adalah tokoh sejarawan Indonesia yang lahir pada 10 januari tahun 1922 di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Soedjatmoko merupakan intelektual dalam berbagai bidang keilmuan, seperti sosial, filsafat, ekonomi, kebudayaan, dan sejarah Indonesia.

Pemikiran Soedjatmoko tentang sejarah Indonesia meliputi konsepsi ide, teori dan metodologi, serta orientasi.

Pengertian Historiografi Menurut Para Ahli

1. Menurut Susanto Zuhdi

Historiografi merupakan“ Terdapat 2 penafsiran menimpa historiografi ialah awal langkah terakhir dalam tata cara sejarah ataupun penyusunan sejarah serta kedua tinjauan atas hasil karya tulis sejarah”( Mulyana A., 2009).

2. Prof Dr Ismaun M.Pd

Historiografi berarti pelukisan sejarah, gambaran sejarah tentang peristiwa yang terjadi pada masalalu yang disebutsejarah.

3. Prof Dr Helius Sjamsudin M.A

Suatu Sintesis yang dihasilkan oleh sejarawan dari seluruh hasil penelitiannya atau penemuannya itu dalam suatu penulisan utuh.

4. Drs Haryono, M.Pd

Historiografi merupakan suatu kisah masa lampau yang direkontruksi oleh sejarawan berdasarkan fakta yang ada.

5. Prof A Daliman, M.Pd

Penulisan sejarah (historiografi) menjadi sarana mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang diungkapkan , diuji (verifikasi) dan diinterpretasi.

6. Susanto Zuhdi

Ada dua pengertian mengenai historiografi yaitu pertama langkah terakhir dalam metode sejarah atau penulisan sejarah dan kedua tinjauan atas hasil karya tulis sejarah.

7. Drs Sugiyanto, M Hum

Historiografi ialah puncak aktivitas riset sejarah sehabis memilah subjek yang diminati dalam riset sejarah, setelah itu mencari sumber- sumber serta menafsirkan data yang tercantum di dalamnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker