Akademis

12 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Media sosial adalah platform atau situs web yang memungkinkan pengguna untuk membuat, berbagi, dan berpartisipasi dalam interaksi online.

Dengan media sosial, orang dapat terhubung, berkomunikasi, dan berbagi informasi dengan teman, keluarga, dan bahkan orang-orang di seluruh dunia.

Media sosial mencakup berbagai platform seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, TikTok, dan banyak lainnya.

Melalui media sosial, pengguna dapat memposting teks, gambar, video, serta berpartisipasi dalam berbagai bentuk interaksi seperti komentar, suka, dan berbagi.

Platform ini memainkan peran penting dalam menghubungkan orang, menyebarkan informasi, dan memfasilitasi komunikasi online.

Baca juga: 5 Media Sosial yang Pernah Hits di Indonesia dan Berakhir Punah

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian media sosial menurut para ahli.

1. Kottler dan Keller

Pengertian media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, video dan informasi dengan orang lain.

2. Taprial dan Kanwar

Mendefinisikan media sosial adalah media yang digunakan seseorang untuk menjadi sosial, atau mendapatkan daring sosial dengan berbagi isi, berita, foto dan lain-lain dengan orang lain.

3. Kaplan dan Haenlein

Menyatakan bahwa media sosial ialah sekelompok apliksi berbasis internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis dari web 2.0 yang berupa platform dari evolusi media sosial yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

4. Nabila et al. (2020)

Media sosial merupakan sebuah media online yang beroperasi dengan bantuan teknologi berbasis web yang membuat perubahan dalam hal komunikasi yang dahulu hanya dapat satu arah dan berubah menjadi dua arah atau dapat disebut sebagai dialog interaktif.

5. Ardiansah dan Maharani (2021)

Media sosial merupakan sebuah sarana atau wadah digunakan untuk mempermudah interaksi diantara sesama pengguna dan mempunyai sifat komunikasi dua arah, media sosial juga sering digunakan untuk membangun citra diri atau profil seseorang, dan juga dapat dimanfaat kan oleh perusahaan sebagai media pemasaran.

6. Van Dijk dalam Nasrullah (2015)

Menyatakan bahwa media sosial adalah platform media yang memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktifitas maupun berkolaborasi.

7. Meike dan Young dalam Nasrullah (2015)

Mengartikan kata media sosial sebagai konvergensi antara komunikasi personal dalam arti saling berbagi diantara individu (to be share one-to-one) dan media publik untuk berbagi kepada siapa saja tanpa ada kekhususan individu.

8. Dr. Rulli Nasrullah M.Si.

Media Sosial merupakan medium di internet yang memungkinkan penggunanya mempresentasikan dirinya maupun berinterakasi, bekerjasama, saling berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lainnya, dan membentuk ikatan sosial secara virtual.

9. Ardianto (dalam Watie, 2011:71)

Mengemukakan media sosial online, adalah jejaring sosial online bukan media masa online, dikarenakan media sosial mempunyai kekuatan sosial yang dapat mempengaruhi opini publik yang berkembang ditengah masyarakat banyak.

10. Chris Brogan (2010)

Menyebutkan bahwa media sosial adalah suatu perangkat alat komunikasi yang memuat berbagai kemungkinan untuk terciptanya bentuk interaksi gaya baru.

11. B.K. Lewis (2010)

Media sosial merupakan suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang berpotensi membuat semua orang untuk saling terhubung dan melakukan interaksi, produksi dan berbagi pesan.

12. Dave Kerpen (2011)

Media sosial memiliki definisi sebagai suatu tempat kumpulan gambar, video, tulisan hingga hubungan interaksi dalam jaringan, baik itu antar individu maupun antar kelompok seperti organisasi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker