Akademis

Pak bahri adalah seorang kepala sekolah yang merasa prihatin karena sudah selama 1 tahun

Pak bahri adalah seorang kepala sekolah yang merasa prihatin karena sudah selama 1 tahun ajaran selama pandemi covid 19, semua kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya harus dihentikan.

Ia merasa murid-muridnya masih perlu melakukan berbagai kegiatan yang dapat mengasah minat dan bakat murid meskipun di masa pandemi.

Namun ia bingung, kira-kira kegiatan apa yang menarik minat murid dan masih memungkinkan untuk dapat dilakukan secara daring.

Berdasarkan kasus di atas, strategi yang tepat untuk mengembangkan kepemimpinan murid adalah …

A. Berdiskusi dengan para guru untuk menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat
B. Mengajak orang tua untuk ikut terlibat dalam menentukan kegiatan ekstrakurikulerekekstrakurikuler
C. Menanyakan siswa kegiatan apa yang mereka sukai
D. Meminta pendapat dari wakil kurikulum
E. Berdiskusi dengan OSIS dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat

Jawaban:

E. Berdiskusi dengan OSIS dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat.

Baca juga: Maria bersekolah masih harus selalu ditemani ayahnya…

Pembahasan:

Berdiskusi dengan OSIS dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler yang tepat adalah strategi yang efektif dan tepat dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler di tengah pandemi COVID-19.

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah organisasi yang bertanggung jawab atas kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

OSIS dapat membantu siswa memilih kegiatan ekstrakurikuler yang tepat untuk mereka. Hal tersebut lantaran OSIS juga menjadi salah satu wadah yang mampu menyerap aspirasi siswa.

Sehingga, OSIS tentu memiliki banyak informasi dan data terkait masalah serta apa yang diinginkan oleh siswa di sekolah.

Baca juga: Andi mempunyai rasa percaya diri yang sangat rendah, dia sama sekali belum berani…

Terlebih saat pandemi, kegiatan siswa dibatasi sehingga kadang memunculkan rasa jenuh sehingga butuh kegiatan yang dapat menyalurkan bakat siswa.

Dengan melibatkan OSIS dalam proses ini, sekolah dapat memastikan bahwa kegiatan yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa dan meningkatkan pengalaman pendidikan mereka secara keseluruhan.

Hal ini juga dapat membantu menciptakan rasa kepemilikan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan iklim belajar dan kesejahteraan siswa.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker