Akademis

Dolmen, menhir, waruga, sarkofagus, dan punden berundak adalah bangunan zaman pra aksara yang bisa kita temukan pada masa?

Dolmen, menhir, waruga, sarkofagus, dan punden berundak adalah bangunan zaman praaksara yang bisa kita temukan pada masa megalitikum.

Zaman megalitikum (zaman batu besar) diperkirakan berlangsung antara 2500 SM – 500 SM.

Disebut sebagai zaman batu besar karena beberapa produk yang dihasilkan berupa bangunan dengan menggunakan bebatuan besar.

Baca juga: Pada Masa Paleolitikum, Kebudayaan yang Berpengaruh Terdiri dari Dua Jenis Yaitu?

Contohnya seperti dolmen, menhir, waruga, sarkofagus, dan punden berundak.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing bangunan tersebut:

Dolmen: Bangunan megalitikum yang terdiri dari batu besar datar yang ditopang oleh beberapa batu tegak. Dolmen diduga digunakan sebagai tempat pemujaan leluhur atau tempat penguburan.

Menhir: Batu besar yang ditancapkan tegak di tanah. Menhir diduga digunakan sebagai simbol kesuburan, pemujaan leluhur, atau penanda batas wilayah.

Waruga: Bangunan megalitikum berbentuk kubus atau kotak batu yang digunakan sebagai tempat penguburan. Waruga banyak ditemukan di Sulawesi Utara.

Baca juga: Zaman Nirleka Adalah? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Sarkofagus: Peti batu besar yang digunakan sebagai tempat penguburan. Sarkofagus banyak ditemukan di Jawa dan Bali.

Punden berundak: Bangunan megalitikum berbentuk piramida yang tersusun dari beberapa tingkat undakan. Punden berundak diduga digunakan sebagai tempat pemujaan leluhur atau tempat peribadatan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker