Akademis

Berdasarkan sifat perlindungannya terhadap lingkungan, kaleng dan botol gelas tergolong dalam kemasan?

Berdasarkan sifat perlindungannya terhadap lingkungan, kaleng dan botol gelas tergolong dalam kemasan?

A. kemasan siap pakai
B. kemasan hermetis
C. kemasan tahan cahaya
D. kemasan tahan suhu tinggi
E. kemasan fleksibel

Jawaban:

B. Kemasan hermetis

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Reduce? Simak Penjelasannya

Pembahasan:

Kemasan memainkan peran penting dalam menjaga kualitas dan keamanan produk, terutama dalam hal perlindungan terhadap lingkungan.

Dalam hal ini, kemasan hermetis menjadi pilihan yang tepat untuk produk-produk yang rentan terhadap kontaminasi dan kerusakan akibat faktor eksternal.

Kaleng dan botol gelas merupakan contoh dari kemasan hermetis. Kemasan ini terbuat dari bahan yang tidak tembus gas, air, dan mikroorganisme, seperti logam (kaleng) dan kaca (botol gelas).

Keunggulan utama dari kemasan hermetis adalah kemampuannya untuk menjaga kesegaran produk dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Global Warming dalam Kehidupan Sehari-Hari

Bagaimana cara kerja kemasan hermetis?

Kemasan hermetis bekerja dengan cara menghalangi masuknya gas, air, dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada produk. Hal ini dicapai melalui beberapa cara:

  • Penyegelan yang rapat: Kaleng dan botol gelas disegel dengan rapat untuk memastikan tidak ada celah yang memungkinkan masuknya udara atau kontaminan lainnya.
  • Bahan yang tidak tembus: Bahan yang digunakan untuk membuat kaleng dan botol gelas, seperti logam dan kaca, tidak tembus gas dan air.
  • Proses sterilisasi: Produk yang dikemas dalam kemasan hermetis often disterilisasi sebelum dikemas untuk membunuh mikroorganisme yang dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: 10 Cara Mengurangi Sampah Plastik untuk Menjaga Lingkungan

Manfaat menggunakan kemasan hermetis:

  • Memperpanjang masa simpan produk: Kemasan hermetis dapat membantu memperpanjang masa simpan produk dengan mencegah kontaminasi dan kerusakan akibat faktor eksternal.
  • Menjaga kualitas produk: Kemasan hermetis membantu menjaga kualitas produk dengan mencegah hilangnya rasa, aroma, dan tekstur.
  • Melindungi produk dari kerusakan fisik: Kemasan hermetis dapat melindungi produk dari kerusakan fisik, seperti benturan dan goresan.
  • Menjaga keamanan produk: Kemasan hermetis membantu menjaga keamanan produk dengan mencegah kontaminasi mikroorganisme.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)