Memastikan kehandalan dan keamanan sistem TIK adalah tujuan dari?

Sastrawacana.id

Memastikan kehandalan dan keamanan sistem TIK adalah tujuan dari
Memastikan kehandalan dan keamanan sistem TIK adalah tujuan dari? (Pexels/ThisIsEngineering)

Memastikan kehandalan dan keamanan sistem TIK adalah tujuan dari?

Jawaban:

Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pembahasan:

Audit TIK adalah proses evaluasi independen terhadap sistem TI dan infrastruktur terkait untuk memastikan bahwa semua beroperasi sesuai dengan standar keamanan dan kehandalan yang ditetapkan.

Tujuan Audit TIK meliputi:

1. Evaluasi Kinerja

Mengidentifikasi apakah sistem TI berfungsi sebagaimana yang diharapkan dan apakah kinerjanya memenuhi standar yang ditetapkan.

Baca juga: 7 Upaya yang Harus Dilakukan Supaya Sistem Teknologi Bermanfaat bagi Masyarakat

2. Pengendalian Internal

Memeriksa efektivitas kontrol internal yang ada dalam sistem TI untuk melindungi aset, menjaga integritas data, dan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan dan regulasi yang berlaku.

3. Keamanan

Memeriksa tingkat keamanan sistem TI terhadap ancaman siber dan risiko keamanan lainnya, seperti penilaian terhadap kebijakan keamanan, pengelolaan akses, enkripsi data, serta deteksi dan respons terhadap insiden keamanan.

4. Ketersediaan dan Keandalan

Memeriksa apakah sistem TI mampu memberikan layanan yang tersedia dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan bisnis, serta memastikan bahwa mereka dapat diandalkan dalam mengatasi kegagalan atau gangguan.

Baca juga: Bagaimana Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Sistem Teknologi Saat Ini?

5. Kepatuhan dan Kebijakan

Memastikan bahwa sistem TI mematuhi persyaratan hukum, peraturan, kebijakan internal, dan standar industri yang berlaku.

Melalui Audit TIK, organisasi dapat mengidentifikasi potensi masalah atau celah keamanan dalam infrastruktur TI mereka dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk meningkatkan keamanan dan kehandalan sistem.

Audit ini juga membantu organisasi dalam memenuhi kebutuhan regulasi dan memastikan bahwa aset informasi mereka dilindungi dengan baik.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia

Tags