Akademis

Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan

Umpan balik adalah komentar atau respons terhadap karya dan proses belajar murid yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan.

A. Benar
B. Salah

Jawaban: A. Benar

Pembahasan:

Umpan balik merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran.

Lebih dari sekadar komentar atau respons, umpan balik yang efektif berfungsi sebagai panduan yang membantu murid memahami kemajuan belajar, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, dan memaksimalkan potensi.

Teknik penilaian formatif melibatkan pemberian umpan balik secara berkelanjutan selama proses pembelajaran, bukan hanya pada akhir suatu periode pembelajaran.

Baca juga: Jelaskan hubungan peran rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor

Contoh umpan balik yang relevan dengan teknik penilaian formatif antara lain:

1. Pendapat dan Saran

Memberikan pendapat atau saran yang spesifik tentang karya atau tugas yang telah dikerjakan oleh murid, seperti memberi informasi tentang apa yang berhasil dilakukan oleh murid dan di mana ia masih perlu meningkatkan.

2. Pujian dan Pengakuan

Memberikan pujian kepada murid atas upaya atau prestasi yang baik. Pujian positif dapat meningkatkan motivasi dan percaya diri murid.

3. Penjelasan dan Koreksi

Menyediakan penjelasan yang jelas tentang kesalahan atau kekurangan dalam karya murid serta memberikan arahan atau koreksi yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman atau kualitas pekerjaannya.

Baca juga: Program yang paling tepat yang dapat dibuat guru untuk menguatkan budi pekerti bagi murid adalah?

4. Tujuan Pembelajaran

Menghubungkan umpan balik dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, membantu murid memahami bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerja mereka sesuai dengan harapan.

5. Kritik yang Konstruktif

Memberikan kritik yang konstruktif dengan memberikan informasi yang spesifik dan saran yang bermanfaat untuk membantu murid memperbaiki kinerja mereka di masa mendatang.

6, Refleksi

Mendorong murid untuk merenungkan umpan balik yang diberikan dan mengevaluasi kinerja mereka sendiri, sehingga mereka dapat mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan pembelajaran mereka.

Umpan balik formatif yang efektif haruslah spesifik, jelas, dan memberikan panduan yang dapat diimplementasikan oleh murid untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja mereka dalam pembelajaran.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker