Akademis

Lembaga milik pemerintah yang memiliki wewenang mengklasifikasikan musim di indonesia adalah?

Lembaga milik pemerintah yang memiliki wewenang mengklasifikasikan musim di Indonesia adalah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG adalah lembaga nonkementerian yang bertugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika.

Baca juga: Pada bulan juni kutub selatan bumi berjauhan dengan matahari hal tersebut mengakibatkan di kutub selatan terjadi?

BMKG menggunakan beberapa metode untuk mengklasifikasikan musim di Indonesia, diantaranya:

1. Metode curah hujan

Musim di Indonesia diklasifikasikan berdasarkan curah hujan bulanan.

Musim hujan didefinisikan sebagai bulan dengan curah hujan di atas 100 mm, sedangkan musim kemarau didefinisikan sebagai bulan dengan curah hujan di bawah 100 mm.

2. Metode suhu udara

Musim di Indonesia juga dapat diklasifikasikan berdasarkan suhu udara bulanan.

Musim panas didefinisikan sebagai bulan dengan suhu udara di atas 28°C, sedangkan musim dingin didefinisikan sebagai bulan dengan suhu udara di bawah 28°C.

3. Metode anomali iklim

BMKG juga menggunakan metode anomali iklim untuk mengklasifikasikan musim di Indonesia. Anomali iklim adalah penyimpangan nilai cuaca dari nilai rata-rata klimatologisnya.

BMKG kemudian memetakan hasil klasifikasi musimnya ke seluruh wilayah Indonesia.

Peta musim ini dapat digunakan oleh berbagai pihak, seperti pemerintah, petani, dan masyarakat umum untuk berbagai keperluan, seperti perencanaan kegiatan pertanian, penanggulangan bencana alam, dan lain sebagainya.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)