Pada bulan juni kutub selatan bumi berjauhan dengan matahari hal tersebut mengakibatkan di kutub selatan terjadi?

Sastrawacana.id

kutub selatan
kutub selatan (westarctica.wiki)

Pada bulan Juni kutub selatan bumi berjauhan dengan matahari hal tersebut mengakibatkan di kutub selatan terjadi?

Jawaban:

Musim dingin karena terjadi penurunan suhu.

Pembahasan:

Kondisi ini disebabkan oleh kemiringan sumbu rotasi Bumi yang menyebabkan salah satu belahan Bumi menerima cahaya Matahari secara langsung (musim panas) sementara belahan yang lain menerima cahaya Matahari secara tidak langsung (musim dingin).

Baca juga: Bagaimana arah gerak bumi dibandingkan dengan arah gerak jarum jam?

Pada bulan Juni, belahan selatan Bumi (termasuk Kutub Selatan) mengalami musim dingin karena menerima sinar Matahari dengan sudut yang lebih rendah, sehingga suhu di daerah tersebut cenderung lebih dingin.

Berikut beberapa konsekuensi dari posisi Kutub Selatan yang jauh dari Matahari pada bulan Juni:

1. Siang hari yang lebih pendek: Kutub Selatan mengalami malam kutub, di mana Matahari tidak terbit sama sekali selama 24 jam.

2. Suhu yang lebih rendah: Sinar matahari yang mencapai Kutub Selatan lebih miring dan terhalang oleh atmosfer yang lebih tebal, sehingga suhu di Kutub Selatan menjadi lebih rendah.

3. Penurunan aktivitas biologis: Banyak hewan bermigrasi ke daerah yang lebih hangat untuk menghindari suhu dingin dan kurangnya makanan. Tumbuhan juga berhenti tumbuh dan memasuki masa dormansi.

4. Pembentukan es: Suhu yang dingin menyebabkan air laut membeku dan membentuk es laut.

5. Aurora australis: Posisi Kutub Selatan yang jauh dari Matahari meningkatkan peluang terjadinya aurora australis. Aurora australis, atau cahaya selatan, adalah fenomena alam yang disebabkan oleh interaksi antara partikel bermuatan dari Matahari dengan atmosfer Bumi.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia