Pendekatan ekonomi yang berusaha menjelaskan keadaan ekonomi yang sebenarnya terjadi adalah ekonomi?

Sastrawacana.id

ekonomi deskriptif
ekonomi deskriptif (pexels/Pixabay)

Pendekatan ekonomi yang berusaha menjelaskan keadaan ekonomi yang sebenarnya terjadi adalah ekonomi deskriptif.

Ekonomi deskriptif merupakan cabang dari ekonomi yang berfokus pada penjelasan dan deskripsi fenomena ekonomi yang ada berdasarkan fakta dan data yang dikumpulkan.

Ekonomi deskriptif bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis realitas ekonomi yang ada, tanpa membuat prediksi atau norma tentang bagaimana keadaan ekonomi seharusnya.

Baca juga: Berbagai jenis aset keuangan seperti saham, obligasi, dan instrumen derivatif dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Berikut adalah beberapa ciri-ciri ekonomi deskriptif:

  • Berfokus pada fakta dan data: Ekonomi deskriptif menggunakan data statistik, survei, dan informasi lain untuk menggambarkan keadaan ekonomi.
  • Objektif: Ekonomi deskriptif berusaha untuk menyajikan informasi secara objektif dan tidak memihak.
  • Bersifat induktif: Ekonomi deskriptif tidak memulai dengan teori atau asumsi yang telah ada, melainkan membangun teori dan generalisasi berdasarkan pengamatan dan analisis data.
  • Mencakup berbagai aspek ekonomi: Ekonomi deskriptif dapat mempelajari berbagai aspek ekonomi, seperti pasar, industri, perilaku konsumen, dan kebijakan ekonomi.

Dalam ekonomi deskriptif, data dan informasi dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti survei, statistik, laporan, dan observasi, untuk menghasilkan gambaran yang akurat tentang keadaan ekonomi saat ini.

Analisis dalam ekonomi deskriptif lebih bersifat deskriptif daripada interpretatif, dan sering digunakan sebagai dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam bidang ekonomi.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Peranan Pasar Modal Penting bagi Perekonomian

Beberapa contoh penerapan ekonomi deskriptif:

  • Analisis tingkat pengangguran: Ekonom deskriptif dapat menganalisis data statistik tentang jumlah pengangguran, tingkat pengangguran, dan karakteristik pengangguran untuk memahami masalah pengangguran di suatu negara.
  • Studi tentang perilaku konsumen: Ekonom deskriptif dapat melakukan survei kepada konsumen untuk mengetahui bagaimana mereka membuat keputusan pembelian, apa yang mereka inginkan dari produk dan layanan, dan bagaimana mereka menanggapi perubahan harga dan pendapatan.
  • Evaluasi kebijakan ekonomi: Ekonom deskriptif dapat menganalisis dampak kebijakan ekonomi seperti kebijakan fiskal dan moneter pada variabel ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan pengangguran.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia