Akademis

Piaget dalam teorinya menyatakan “memasukkan informasi baru dengan menambah atau memperkaya skema atau pemahaman yang sudah ada di dalam pikiran seseorang” dikenal sebagai proses?

Piaget dalam teorinya menyatakan “memasukkan informasi baru dengan menambah atau memperkaya skema atau pemahaman yang sudah ada di dalam pikiran seseorang” dikenal sebagai proses asimilasi.

Asimilasi adalah salah satu dari dua proses fundamental yang digunakan individu untuk memahami dunia di sekitar mereka.

Proses ini bekerja dengan cara menghubungkan informasi baru dengan skema yang sudah ada dalam pikiran.

Skema adalah struktur mental yang mewakili pengetahuan dan pemahaman seseorang tentang suatu konsep atau objek.

Saat individu menemukan informasi baru, mereka akan berusaha untuk menafsirkannya berdasarkan skema yang telah mereka miliki.

Jika informasi baru tersebut dapat dimasukkan ke dalam skema yang ada dengan mudah, maka terjadilah asimilasi.

Informasi baru tersebut diinterpretasikan dan diingat sesuai dengan skema yang sudah ada, dan skema tersebut diperkuat atau diperkaya.

Contoh Asimilasi:

  • Bayi yang sudah memiliki skema tentang “anjing” melihat seekor kucing untuk pertama kalinya. Bayi tersebut mungkin akan menafsirkan kucing sebagai “anjing kecil” dan memasukkan informasi baru tentang kucing ke dalam skema “anjing” yang sudah ada.
  • Seorang anak yang sudah memiliki skema tentang “mobil” melihat jenis mobil baru yang belum pernah dilihatnya sebelumnya. Anak tersebut mungkin akan menafsirkan mobil baru tersebut sebagai “jenis mobil baru” dan memasukkan informasi baru tentang mobil tersebut ke dalam skema “mobil” yang sudah ada.

Perbedaan Asimilasi dan Akomodasi:

Asimilasi berbeda dengan akomodasi, yang merupakan proses lain dalam teori Piaget.

Akomodasi terjadi ketika individu harus mengubah skema yang sudah ada untuk memasukkan informasi baru yang tidak dapat diinterpretasikan dengan skema yang ada.

Kesimpulan:

Asimilasi adalah proses penting dalam perkembangan kognitif yang memungkinkan individu untuk belajar dan memahami dunia di sekitar mereka dengan menghubungkan informasi baru dengan skema yang sudah ada.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)