Akademis

Penduduk kota menghasilkan berbagai produk industri, seperti pakaian, kendaraan, barang-barang elektronik, dan lain-lain yang dibutuhkan penduduk desa

Penduduk kota menghasilkan berbagai produk industri, seperti pakaian, kendaraan, barang-barang elektronik, dan lain-lain yang dibutuhkan penduduk desa. Sedangkan penduduk desa menghasilkan bahan pangan yang dibutuhkan penduduk kota. Akibatnya ada aliran barang dari kota ke desa dan aliran bahan makanan dari desa ke kota. Uraian tersebut merupakan salah satu contoh dari bentuk konektivitas antar ruang…

A. Saling melengkapi (Complementary)
B. Kesempatan antara (Intervening opporunity)
C. Kemudahan transfer (Transferability)
D. Pengganti (Subtitusion)

Jawaban:

A. Saling melengkapi (Complementary)

Pembahasan:

Konektivitas ini terjadi ketika wilayah atau lokasi saling membutuhkan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masing-masing.

Dalam contoh ini, kota dan desa memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling melengkapi.

Kota bisa memproduksi barang-barang industri yang dibutuhkan desa, seperti pakaian, kendaraan, dan barang elektronik. Sementara itu, desa bisa menghasilkan bahan pangan yang dibutuhkan penduduk kota.

Ini menciptakan hubungan saling ketergantungan antara kedua wilayah tersebut.

Akibatnya, terjadi aliran barang dari kota ke desa dan aliran bahan makanan dari desa ke kota. Hubungan saling ketergantungan ini menguatkan kedua wilayah dan berkontribusi pada kesejahteraan bersama.

Oleh karena itu, A. Saling melengkapi (Complementary) adalah pilihan yang paling tepat untuk menggambarkan bentuk konektivitas antar ruang yang terjadi pada interaksi antara kota dan desa pada contoh tersebut.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)