Akademis

Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada pada masing-masing masyarakatnya

Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada pada masing-masing masyarakatnya. Apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu?

Jawaban:

1. Tetap tenang dan hormat

Penting untuk diingat bahwa setiap orang berhak atas pendapatnya sendiri, bahkan jika Anda tidak setuju dengannya. Seranglah percakapan dengan sikap terbuka dan bersedia mendengarkan sudut pandang orang lain.

2. Cobalah untuk memahami dari mana mereka berasal

Apa yang membuat mereka memiliki pandangan atau sikap ini? Semakin Anda memahami perspektif mereka, semakin mudah untuk menemukan kesamaan dan memiliki percakapan yang produktif.

3. Bagikan sudut pandang Anda dengan horma

Jelaskan mengapa Anda percaya seperti yang Anda lakukan, dan bersedia menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki.

4. Setuju untuk tidak setuju

Jika Anda tidak dapat mencapai kesepakatan, tidak apa-apa. Anda masih bisa menghormati satu sama lain, bahkan jika Anda tidak setuju.

5. Hindari membuat asumsi atau menggeneralisasi

Penting untuk diingat bahwa tidak semua orang dalam kelompok mana pun sama. Hanya karena seseorang memiliki pandangan atau sikap tertentu, bukan berarti semua orang dalam kelompok mereka juga demikian.

6. Fokus pada kesamaan

Meskipun Anda mungkin tidak setuju dengan segala sesuatu tentang seseorang, kemungkinan besar Anda memiliki beberapa kesamaan. Fokuslah pada kesamaan ini untuk membangun hubungan dan rasa saling menghormati.

7. Bersedia berkompromi

Jika Anda berdua bersedia berkompromi, Anda mungkin dapat menemukan solusi yang berhasil untuk Anda berdua.

8. Berhentilah jika perlu

Jika percakapan menjadi terlalu panas atau Anda merasa tidak membuat kemajuan, tidak apa-apa untuk berhenti dan mencobanya lagi nanti.

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia