Tingkat ketaatan hukum ditunjukkan melalui sikap dan perilaku disiplin. Motivasi ketaatan hukum yang diharapkan dari setiap warga negara ialah mematuhi hukum karena?

Sastrawacana.id

Tingkat ketaatan hukum ditunjukkan melalui sikap dan perilaku disiplin
Tingkat ketaatan hukum ditunjukkan melalui sikap dan perilaku disiplin (pexels/KATRIN BOLOVTSOVA)

Tingkat ketaatan hukum memang ditunjukkan melalui sikap dan perilaku disiplin. Namun, motivasi di balik ketaatan tersebut lebih penting untuk ditekankan.

Motivasi ideal yang diharapkan dari setiap warga negara dalam mematuhi hukum adalah kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Artinya, ketaatan hukum bukan hanya karena takut akan sanksi atau hukuman, melainkan karena memahami manfaatnya bagi diri sendiri, orang lain, dan kemajuan bangsa.

Berikut beberapa alasan mengapa ketaatan hukum dengan motivasi yang tepat penting:

  • Membangun masyarakat yang tertib dan teratur: Ketika semua orang mematuhi hukum, maka kehidupan bermasyarakat akan menjadi lebih tertib dan teratur. Hal ini menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua orang.
  • Menciptakan keadilan sosial: Hukum dibuat untuk melindungi hak dan menjamin keadilan bagi semua orang. Dengan mematuhi hukum, kita turut berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera.
  • Mendukung kemajuan bangsa: Ketaatan hukum merupakan salah satu pilar utama kemajuan bangsa. Ketika semua orang mematuhi hukum, maka negara akan lebih mudah mencapai tujuan pembangunannya.

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memahami dan menghayati pentingnya hukum.

Dengan motivasi yang tepat, ketaatan hukum akan menjadi budaya yang mengakar kuat dalam masyarakat dan membawa banyak manfaat bagi semua.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia