Siapa yang Wajib Menjaga Persatuan Bangsa Indonesia?

Sastrawacana.id

Siapa yang Wajib Menjaga Persatuan Bangsa Indonesia
Siapa yang Wajib Menjaga Persatuan Bangsa Indonesia (unplash/Nick Agus Arya)

Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah tanggung jawab bersama seluruh rakyat Indonesia, tanpa terkecuali.

Hal ini tercantum dalam Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyatakan:

“Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara”.

Artinya, setiap warga negara memiliki kewajiban untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Berikut beberapa kelompok yang memiliki peran penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa:

1. Pemerintah

Membuat kebijakan dan program yang bertujuan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Contohnya: program pendidikan karakter, program pengentasan kemiskinan, dan program pembangunan infrastruktur di daerah terpencil.

2. Lembaga pendidikan

Menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada peserta didik. Contohnya: melalui pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), kegiatan ekstrakurikuler, dan upacara bendera.

3. Organisasi masyarakat

Melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan dan solidaritas antar masyarakat. Contohnya: kegiatan gotong royong, bakti sosial, dan perlombaan antar suku.

4. Media massa

Menyiarkan informasi yang positif dan membangun tentang persatuan dan kesatuan bangsa.

Contohnya: berita tentang keberhasilan bangsa, kisah inspiratif tentang pahlawan nasional, dan program pemerintah untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

5. Tokoh agama dan tokoh adat

Memberikan pembinaan moral dan spiritual kepada masyarakat. Contohnya: ceramah agama, pengabdian masyarakat, dan penyelesaian konflik melalui musyawarah mufakat.

6. Masyarakat

Menjaga sikap toleransi dan saling menghormati antar sesama. Contohnya: tidak menyebarkan berita bohong, tidak melakukan ujaran kebencian, dan tidak terlibat dalam konflik SARA.

Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa:

  • Melindungi bangsa dari ancaman perpecahan: Persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci kekuatan bangsa. Jika bangsa terpecah belah, maka akan mudah dirongrong oleh pihak-pihak yang ingin memecah belah bangsa.
  • Mempercepat pembangunan nasional: Jika bangsa bersatu, maka semua pihak akan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, yaitu pembangunan nasional.
  • Meningkatkan kesejahteraan rakyat: Persatuan dan kesatuan bangsa akan menciptakan kondisi yang kondusif untuk pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.
  • Menjaga keutuhan wilayah: Persatuan dan kesatuan bangsa akan membuat bangsa lebih kuat dalam menghadapi ancaman dari luar, sehingga keutuhan wilayah negara dapat terjaga.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia