Spotify Luncurkan Kuis Interaktif K-Pop yang Bisa Ungkap Sisi K-Popmu, Berani Coba?

Sastrawacana.id

Spotify Quiz Kpop
Spotify Quiz Kpop (The Verge)

Spotify baru saja meluncurkan kuis kepribadian bertema warna-warni yang dirancang untuk membantu penggemar K-Pop menentukan “persona” mereka.

Bagi yang belum familiar dengan istilah K-Pop atau akar Jungian-nya, “persona” mengacu pada peran publik yang berbeda dan menonjol dari setiap anggota grup.

Fitur ini memanfaatkan status K-Pop sebagai area utama pertumbuhan dalam industri musik global, yang ingin dimanfaatkan oleh Spotify.

Kuis lima pertanyaan ini, yang dapat diikuti penggemar di dalam aplikasi Spotify, akan mengidentifikasi apakah Anda seorang Visual Utama (Main Visual), Vokal Utama (Main Vocal), Rapper Utama (Main Rapper), Dancer Utama (Main Dancer), atau Trainee.

Menarik perhatian budaya penggemar K-Pop, kuis ini juga akan menghasilkan photocard (mirip dengan kartu perdagangan khusus grup) dengan hasil Anda yang bisa dibagikan di media sosial. Fitur ini akan tersedia di Spotify hingga 10 Mei.

Kebangkitan K-Pop sebagai fenomena musik global selama dekade terakhir telah terdokumentasi dengan baik, dan genre ini jelas tidak kehilangan momentum di AS.

Menurut perusahaan data hiburan Luminate, K-Pop menjadi bahasa musik terpopuler ketiga yang dikonsumsi di AS tahun lalu.

AS juga merupakan importir musik K-Pop terbesar kedua di dunia, tepat di belakang Jepang.

Sama seperti Spotify yang melayani penggemar berat Swifties dan basis penggemar vokal lainnya dengan fitur interaktif dan playlist khusus, layanan streaming ini tidak melupakan penggemar BTS atau NewJeans.

Meskipun 10 lagu dan album teratas yang paling banyak diputar tahun lalu di Spotify sebagian besar berasal dari AS, genre internasional, termasuk K-Pop, música mexicana, Afrobeats, musik instrumental klasik India, dan lainnya, meraih jutaan streaming secara global.

Pihak Spotify mencatat bahwa streaming genre K-Pop, sejak 2018, telah meningkat lebih dari 180 persen di Amerika Serikat dan lebih dari 360 persen di seluruh dunia.

Sama seperti artis berbahasa Inggris seperti The Weeknd atau Miley Cyrus yang beresonansi dengan basis penggemar di Asia dan Amerika Selatan, tampaknya wajar bagi Spotify untuk mengakui popularitas luar biasa artis internasional seperti grup K-Pop Blackpink dan penyanyi Kolombia Karol G di AS.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia