Game Kreatif Garry’s Mod Hilangkan Konten Nintendo atas Permintaan Hak Cipta

Sastrawacana.id

Garry's Mod
Garry's Mod (the verge)

Para penggemar gim sandbox physics Garry’s Mod harus mengucapkan selamat tinggal pada konten kustomisasi bertema Nintendo.

Pada hari Rabu, developer Garry’s Mod mengumumkan lewat Steam bahwa pengguna “mungkin menyadari beberapa item Workshop terkait Nintendo baru-baru ini telah dihapus.”

Mereka menegaskan, “ini bukan kesalahan,” penghapusan tersebut berasal langsung dari Nintendo.

“Jujur saja, ini wajar. Konten tersebut milik Nintendo dan mereka berhak menentukan apa yang boleh dan tidak boleh digunakan,” tulis developer Garry’s Mod.

“Mereka tidak ingin Anda bermain dengan hal-hal bertema Nintendo di Garry’s Mod – itu keputusan mereka, dan kami harus menghormati itu dengan menghapus sebanyak mungkin konten tersebut. Ini adalah proses yang sedang berlangsung, mengingat kami memiliki 20 tahun unggahan untuk ditinjau.”

Garry’s Mod mulai menghapus konten bertema Nintendo awal tahun ini, namun beberapa pengguna menduga permintaan tersebut berasal dari “pembuat onar hak cipta” alih-alih Nintendo langsung.

Setelah menyelidiki permintaan penghapusan hak cipta terbaru, kreator Garry’s Mod, Garry Newman, mengonfirmasi di [platform media sosial] bahwa dia telah “diyakinkan” bahwa permintaan tersebut “sah.”

Akibat permintaan tersebut, Garry’s Mod terpaksa menghapus sejumlah besar peta dan item bertema Nintendo.

Selama bertahun-tahun, konten buatan pemain di Garry’s Mod memungkinkan hal-hal fantastis, seperti mengubah Super Mario 64 menjadi game first-person shooter atau menjelajahi Hyrule sebagai Link.

Mengingat banyaknya konten Nintendo yang beredar di Garry’s Mod, developer meminta komunitas untuk menghapus sendiri karya ciptaan mereka yang melanggar hak cipta.

Nintendo dikenal sangat protektif terhadap kekayaan intelektual mereka.

Perusahaan ini terlibat dalam penghapusan Emulator Dolphin dari Steam tahun lalu dan mengajukan gugatan $2,4 juta terhadap developer emulator Nintendo Switch, Yuzu. Aksi ini turut menyebabkan penutupan emulator lain karena khawatir akan tuntutan hukum dari Nintendo.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia