Akademis

Keausan Terbesar Alur Ring Piston Biasanya Terjadi Pada?

Keausan terbesar alur ring piston biasanya terjadi pada?

A. Pen piston
B. Pen piston
C. Noken as
D. Alur ring kompresi
E. Poros penggerak

Jawaban:

D. Alur ring kompresi

Baca juga: Diperluasnya Diameter Sebuah Silinder Karena?

Pembahasan:

Keausan terbesar alur ring piston biasanya terjadi pada alur ring kompresi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Tekanan tinggi: Tekanan kompresi yang tinggi di dalam ruang bakar mendorong gas panas ke atas, menekan ring piston ke dinding silinder. Tekanan ini paling besar pada ring kompresi, sehingga keausannya pun paling besar.
  • Gesekan: Gesekan antara ring piston dan dinding silinder paling besar pada ring kompresi, karena ring ini bergerak naik turun dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan ring oli.
  • Suhu tinggi: Suhu di dalam ruang bakar paling tinggi pada area ring kompresi, karena ring ini langsung bersentuhan dengan gas panas. Suhu tinggi ini dapat mempercepat proses keausan.

Baca juga: Perbedaan Oli 10W-30 dan 10W-40: Panduan Memilih Oli yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Keausan alur ring kompresi dapat menyebabkan beberapa masalah pada mesin, seperti:

  • Penurunan kompresi: Celah antara ring piston dan dinding silinder yang semakin besar akibat keausan alur ring kompresi dapat menyebabkan kebocoran kompresi, sehingga mesin menjadi kurang bertenaga.
  • Oli mesin bocor: Oli mesin dapat bocor ke ruang bakar melalui celah yang besar antara ring piston dan dinding silinder.
  • Kerusakan pada piston: Keausan alur ring kompresi yang parah dapat menyebabkan ring piston aus dan berlubang, dan bahkan dapat menyebabkan piston pecah.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)