Ecobee Menghentikan Dukungan untuk Thermostat Pintar Generasi Pertama Setelah 16 Tahun

Sastrawacana.id

ecobee
ecobee

Ecobee menghentikan dukungan untuk thermostat pintar pertama mereka.

Mulai 31 Juli 2024, Ecobee Smart Thermostat dan Ecobee Energy Management System (EMS) tidak lagi dapat dikontrol dari jarak jauh atau menggunakan integrasi pintar lainnya.

Pada dasarnya, semua yang membutuhkan koneksi internet akan berhenti berfungsi.

Keduanya masih dapat mengontrol HVAC Anda dengan cara yang sama seperti perangkat non-pintar – Anda dapat mengontrolnya langsung pada perangkat.

Baca juga: CEO Amazon Dituduh Langgar UU Ketenagakerjaan Karena Melarang Serikat Pekerja

Perusahaan menawarkan diskon 30 persen untuk termostat Ecobee baru kepada pengguna yang terdampak, berlaku hingga untuk 15 termostat.

Pelanggan seharusnya telah menerima email dengan penawaran tersebut, tetapi jika tidak, VP desain produk Ecobee, Bryan Hurren, menyarankan untuk menghubungi dukungan untuk mendapatkan kode.

Ecobee Smart Thermostat adalah termostat terhubung pertama di dunia, diluncurkan pada tahun 2008 – setahun setelah iPhone pertama dan tiga tahun sebelum Nest Learning Thermostat asli.

Termostat EMS hadir pada tahun 2010 dan dirancang untuk instalasi komersial. Kedua model tersebut dihentikan produksinya pada tahun 2013 sebelum pengenalan Ecobee 3 pada tahun 2014.

Hurren mengatakan Ecobee masih akan mendukung termostat lawas lainnya – termasuk EMS SI, Smart SI, dan Ecobee 3.

Selain itu, tidak ada model yang ada, seperti Ecobee3 Lite, Smart Thermostat Premium, dan Smart Thermostat Enhanced, yang terpengaruh.

“Keputusan ini tidak diambil enteng, dan dibuat berdasarkan standar teknologi yang berkembang dan tantangan dalam mendukung perangkat keras lama,” kata Hurren dalam sebuah pernyataan kepada The Verge.

“Kami menyadari frustrasi yang mungkin ditimbulkan ini dan secara aktif mencari cara untuk membantu pengguna yang terdampak.”

Fakta bahwa Ecobee masih mendukung teknologi dari 16 tahun yang lalu jarang terjadi di dunia yang berfokus pada peningkatan seperti sekarang ini.

Namun langkah tersebut menggambarkan peringatan besar saat membeli perangkat yang bergantung pada cloud: jika perusahaan mematikan dukungan cloud, Anda akan kehilangan fitur pintar yang telah Anda bayar.

Ini mungkin bukan masalah besar untuk perangkat yang Anda rencanakan untuk ditingkatkan secara teratur, tetapi untuk produk yang Anda pasang di infrastruktur rumah Anda, seperti termostat, ada harapan mereka akan bertahan lebih lama.

Termostat non-terhubung dapat bertahan beberapa dekade.

Ini adalah poin penting dengan smarthome. Menghubungkan produk seperti termostat, kulkas, dan mesin cuci ke cloud dapat membawa manfaat seperti kenyamanan dan penghematan energi, tetapi itu bisa mengorbankan umur panjang perangkat.

Terutama ketika perusahaan memiliki kekuatan untuk mematikan fitur pintar apa pun.

Hurren menolak untuk mengatakan berapa lama mereka akan mendukung model terbaru mereka tetapi menunjukkan bahwa Ecobee 3 yang berusia 10 tahun masih diperbarui.

Semua model sejak Ecobee 3 memiliki opsi untuk kontrol lokal melalui Apple HomeKit, sesuatu yang tidak dimiliki Smart dan EMS.

Jadi, jika Ecobee memang mematikan dukungan untuk model tersebut, Anda masih dapat mengakses beberapa fitur pintar jika Anda menggunakan iPhone.

Namun, opsi yang lebih baik adalah jika perusahaan menawarkan API lokal sehingga platform smarthome yang beroperasi di jaringan lokal Anda, seperti Home Assistant dan Hubitat, dapat terhubung langsung ke termostat.

Sumber: The Verge

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia