Akademis

Belanda pernah menyerang ibu kota negara Indonesia yang saat itu masih berkedudukan di Yogyakarta sebagai upaya untuk menduduki wilayah Indonesia kembali

Belanda pernah menyerang ibu kota negara Indonesia yang saat itu masih berkedudukan di Yogyakarta sebagai upaya untuk menduduki wilayah Indonesia kembali. Berbagai cara dilakukan termasuk melancarkan gencatan bersenjata.

Ancaman yang terdapat pada ilustrasi di atas disebut dinamakan?

Jawaban:

Ancaman yang terdapat pada ilustrasi Belanda menyerang Yogyakarta sebagai upaya untuk menduduki wilayah Indonesia kembali disebut agresi militer.

Agresi militer adalah penggunaan kekuatan bersenjata oleh suatu negara terhadap negara lain dengan tujuan untuk menduduki atau menguasai wilayah negara tersebut.

Baca juga: Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi belanda menerapkan sistem tanam paksa di indonesia?

Dalam kasus ini, Belanda melancarkan agresi militer terhadap Indonesia dengan tujuan untuk kembali menguasai wilayah Indonesia setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Agresi militer merupakan ancaman yang serius bagi kedaulatan dan kemerdekaan suatu negara.

Oleh karena itu, penting bagi suatu negara untuk memiliki kekuatan pertahanan yang kuat untuk menghadapi ancaman agresi militer.

Baca juga: Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah?

Berikut beberapa ciri-ciri agresi militer:

  • Penggunaan kekuatan bersenjata: Agresi militer melibatkan penggunaan kekuatan bersenjata, seperti tentara, angkatan udara, dan angkatan laut.
  • Tujuan untuk menduduki atau menguasai wilayah: Tujuan utama agresi militer adalah untuk menduduki atau menguasai wilayah negara lain.
  • Melanggar hukum internasional: Agresi militer merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional, khususnya Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Indonesia pernah mengalami dua kali agresi militer dari Belanda, yaitu pada tahun 1947 dan 1948. Agresi militer ini berhasil digagalkan oleh rakyat dan TNI Indonesia dengan perlawanan yang heroik.

Agresi militer Belanda merupakan salah satu contoh ancaman yang pernah dihadapi oleh Indonesia.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)