Akademis

Apakah kalian pernah melakukan kegiatan bisnis melalui media sosial yang kalian miliki?

Apakah kalian pernah melakukan kegiatan bisnis melalui media sosial yang kalian miliki? jika pernah, berikan contohnya, dan jika belum, berikan satu contoh komunikasi bisnis yang dilakukan melalui media sosial?

Jawaban Jika Pernah Melakukan Kegiatan Bisnis Melalui Media Sosial

Ya, saya pernah melakukan kegiatan bisnis melalui media sosial. Contohnya, saya mengelola sebuah toko online yang menjual aksesori handmade melalui Instagram.

Saya menggunakan fitur Instagram Stories dan Posts untuk mempromosikan produk baru, memberikan informasi tentang diskon atau promosi, serta berinteraksi dengan pelanggan.

Selain itu, saya juga menggunakan Instagram Direct Message (DM) untuk menanggapi pertanyaan pelanggan dan menerima pesanan.

Banyak pelanggan yang menghubungi saya melalui DM untuk menanyakan ketersediaan produk, detail ukuran, atau cara pembayaran.

Saya selalu berusaha merespons dengan cepat dan ramah untuk memberikan pelayanan yang baik.

Misalnya, ada seorang pelanggan yang mengirimkan pesan:

‘Hi, apakah kalung dengan kode AK002 masih tersedia? Dan berapa harganya?’

Saya akan membalas dengan:

‘Hai! Terima kasih sudah menghubungi kami. Ya, kalung dengan kode AK002 masih tersedia. Harganya Rp 150.000. Anda bisa melakukan pemesanan langsung melalui DM ini atau mengunjungi tautan di bio kami.”

Selain itu, saya juga menggunakan fitur IG Live untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, di mana saya bisa menunjukkan produk secara real-time, menjawab pertanyaan langsung dari penonton, dan memberikan diskon eksklusif bagi yang menonton live session.

Dengan menggunakan berbagai fitur yang tersedia di Instagram, saya dapat meningkatkan visibilitas produk, menjangkau lebih banyak pelanggan potensial, dan memberikan pelayanan yang lebih personal dan responsif kepada pelanggan saya.

Baca juga: Media sosial yang digunakan untuk koneksi bisnis dengan jaringan profesional seluruh dunia adalah?

Jawaban Jika Belum Pernah Melakukan Kegiatan Bisnis Melalui Media Sosial

Tidak, saya belum pernah melakukan kegiatan bisnis melalui media sosial.

Namun, sebagai contoh komunikasi bisnis yang dilakukan melalui media sosial, sebuah restoran bisa menggunakan Facebook untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Mereka dapat mengumumkan menu spesial hari ini, merespons ulasan pelanggan, dan mengadakan promosi khusus untuk pengikut Facebook mereka. Misalnya, restoran bisa membuat posting seperti ini:

‘Hari ini kami memiliki menu spesial: Pasta Seafood dengan diskon 15% hanya untuk hari ini! Datang dan nikmati hidangan lezat kami. Jangan lupa untuk memberi ulasan setelah kunjungan Anda. Kami juga menerima pesanan melalui pesan Facebook. #RestoranSpesial #PromoHariIni

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)