Akademis

Salah satu model saluran islamisasi di nusantara yang paling mudah diterima masyarakat adalah dengan menggunakan unsur kebudayaan yaitu?

Salah satu model saluran islamisasi di nusantara yang paling mudah diterima masyarakat adalah dengan menggunakan unsur kebudayaan yaitu?

a. pergelaran wayang
b. pedagangan
c. tasawuf
d. perkawinan
e. pesantren

Jawaban:

a. pergelaran wayang

Baca juga: Bagaimana dampak pembaruan islam pada masa modern bagi bangsa indonesia?

Pembahasan:

Wayang merupakan salah satu bentuk seni pertunjukan tradisional yang sangat populer di Nusantara, khususnya di Jawa.

Islamisasi melalui pergelaran wayang terjadi ketika ajaran Islam diselipkan ke dalam cerita dan moralitas yang disampaikan melalui pertunjukan wayang.

Hal ini membuat pesan-pesan Islam lebih mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat, karena disampaikan melalui bahasa dan simbol-simbol budaya yang sudah akrab bagi mereka.

Pergelaran wayang menjadi salah satu cara yang efektif untuk menyebarkan ajaran Islam di kalangan masyarakat Nusantara karena menggabungkan unsur seni dan keagamaan dalam satu kesatuan yang harmonis.

Para dalang wayang menggunakan karakter-karakter dalam pertunjukan wayang untuk menyampaikan ajaran-ajaran moral dan spiritual Islam kepada penonton.

Melalui pergelaran wayang, nilai-nilai kearifan lokal dan keislaman dapat disampaikan secara bersamaan, sehingga masyarakat dapat menerima Islam tanpa perlu merasa kehilangan identitas budaya mereka.

Ini adalah contoh bagaimana Islam berkembang di Nusantara dengan memanfaatkan dan menghormati warisan budaya setempat.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)