Akademis

Fajar adalah seorang murid smp yang sedang mengalami kesulitan belajar

Fajar adalah seorang murid smp yang sedang mengalami kesulitan belajar. Dia menceritakan bahwa semakin hari pembelajaran semakin susah, semakin banyak dan di rumah dia tidak bisa konsentrasi dan nyaman belajar.

Orang tuanya di rumah memiliki usaha kecil yang bergerak dibidang pembuatan kopi bubuk. Suara bising yang dikeluarkan mesin penggiling kopi sangat mengganggu proses belajar fajar di rumah.

Diantara pertanyaan berikut yang merupakan pertanyaan coaching yang mampu menggali potensi coachee adalah?

A. Apakah ada tempat lain yang membuat kamu nyaman belajar?

B. Apa hal-hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa konsentrasi belajar?

C. Bagaimana kamu menyikapi suasana bising yang ditimbulkan oleh suara mesin itu?

D. Apakah suara mesin penggiling kopi itu mengganggu belajarmu?

E. Mengapa kamu tidak belajar di tempat lain saja yang membuat kamu nyaman?

Jawaban:

B. Apa hal-hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa konsentrasi belajar?

Pembahasan:

Pertanyaan coaching yang mampu menggali potensi coachee adalah pertanyaan yang membantu coachee untuk mengeksplorasi solusi dan strategi yang bisa mereka gunakan untuk mengatasi masalah mereka.

Pertanyaan tersebut seharusnya memfasilitasi refleksi diri, pemberdayaan, dan pengembangan pemikiran kritis coachee. Dari pilihan yang diberikan, pertanyaan yang paling sesuai adalah:

B. Apa hal-hal yang bisa kamu lakukan supaya kamu bisa konsentrasi belajar?

Pertanyaan ini membantu Fajar untuk memikirkan dan mengeksplorasi tindakan yang bisa diambil untuk meningkatkan konsentrasinya saat belajar

Pertanyaan ini juga membuka ruang bagi Fajar untuk menemukan solusi yang sesuai dengan kondisinya, sehingga dia merasa lebih diberdayakan dan termotivasi untuk mencari cara mengatasi masalahnya sendiri.

Pertanyaan ini mengajak Fajar untuk memikirkan berbagai cara yang bisa dia coba untuk meningkatkan konsentrasinya, misalnya mencari waktu belajar yang lebih tenang, menggunakan earphone untuk mengurangi kebisingan, atau meminta bantuan orang tua untuk mencari solusi bersama.

 

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)