Pendidikan

Perhatikan beberapa pernyataan aktivitas guru dalam kelas di bawah ini

Perhatikan beberapa pernyataan aktivitas guru dalam kelas di bawah ini:

1. guru menggunakan beragam sumber bacaan

2. guru melakukan berbagai strategi pengelompokan siswa.

3. guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi

4. guru memberikan tugas yang lebih banyak untuk murid-murid yang memiliki kemampuan “tinggi”.

5. guru meminta siswa menunjukkan pemahaman dalam satu cara.

Berdasarkan pernyataan tersebut di atas, strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tepat dilakukan guru adalah?

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 3 dan 5

c. 1,3 dan 5

d. 3, 4 dan 5

e. 2, 3 dan 4

Jawaban:

b. 1, 3 dan 5

Pembahasan:

Strategi pembelajaran berdiferensiasi menciptakan lingkungan di mana setiap siswa dapat berhasil sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kemampuannya masing-masing.

Salah satu aspek penting dari pendekatan ini adalah penggunaan berbagai sumber bacaan yang relevan dengan topik pembelajaran.

Dengan menyediakan beragam bahan bacaan, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih materi yang sesuai dengan minat dan tingkat kesulitan mereka sendiri, memungkinkan mereka terlibat dalam pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna.

Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang beragam juga merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Dengan menyajikan informasi melalui berbagai media, seperti video, gambar, atau presentasi, guru dapat menjangkau siswa dengan gaya belajar yang berbeda, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Namun, penting untuk dicatat bahwa meminta siswa untuk menunjukkan pemahaman hanya dalam satu cara mungkin tidak sejalan dengan prinsip pembelajaran berdiferensiasi.

Sebagai gantinya, guru harus memberikan berbagai cara bagi siswa untuk mengekspresikan pemahaman mereka, sehingga mereka dapat menampilkan kekuatan dan preferensi mereka secara efektif.

Dengan demikian, strategi pembelajaran berdiferensiasi yang efektif memadukan berbagai pendekatan dan alat pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan individu siswa dengan lebih baik.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)