Akademis

Sekolah dasar bahagia terletak di tepi jalan desa gembira memiliki lahan yang cukup luas

Sekolah dasar bahagia terletak di tepi jalan desa gembira memiliki lahan yang cukup luas. Sekolah tersebut selalu terlihat rapi dan bersih. Banyak tanaman di setiap depan kelasnya.

Setiap hari jum’at pagi semua siswa diajak untuk melakukan kerja bakti membersihkan halaman sekolah dan kelas. Guru-guru selalu aktif mendampingi siswa untuk membersihkan halaman kelas mereka.

Di kelas ivb terlihat bu ani sedang menasehati tini. Dia tidak mau aktif memungut sampah daun yang banyak di sekitar pohon mangga. tini merasa geli dan jijik dengan sampah itu.

Di sisi lain, kawan-kawan tini marah dan jengkel terhadap sikapnya tersebut. Dalam kaitan dengan pembelajaran sosial emosional, bu ani telah membantu menumbuhkembangkan kompetensi … pada tini.

a. Manajemen diri

b. Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab

c. Kesadaran sosial

d. Kesadaran diri

e. Keterampilan berelasi

Jawaban:

c. Kesadaran sosial

Pembahasan:

Dalam teks yang diberikan, keengganan Tini untuk berpartisipasi dalam membersihkan halaman sekolah karena jijik dengan daun-daun yang gugur menunjukkan kurangnya kesadaran sosial (social awareness).

Kesadaran sosial adalah komponen penting dalam pembelajaran sosial-emosional, yang memungkinkan individu untuk memahami dan berempati dengan perspektif dan perasaan orang lain.

Perilaku Tini menunjukkan bahwa dia tidak sepenuhnya mempertimbangkan dampak tindakannya terhadap teman sekelasnya dan kebersihan lingkungan sekolah secara keseluruhan.

Dia mungkin memprioritaskan kenyamanan pribadinya daripada kesejahteraan kolektif komunitas sekolah.

Intervensi Bu Ani dalam menasihati Tini menunjukkan pentingnya menumbuhkan kesadaran sosial pada siswa.

Dengan mendorong Tini untuk mempertimbangkan perspektif orang lain dan pentingnya berkontribusi pada lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, Bu Ani membantu Tini mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi anggota komunitas sekolah yang bertanggung jawab dan berempati.

Berikut beberapa poin penting yang perlu ditekankan:

  • Kesadaran sosial adalah kemampuan untuk memahami dan berempati dengan orang lain.
  • Tini menunjukkan kurangnya kesadaran sosial karena dia tidak mempertimbangkan bagaimana tindakannya memengaruhi orang lain.
  • Bu Ani membantu Tini mengembangkan kesadaran sosial dengan mendorongnya untuk mempertimbangkan perspektif orang lain.
  • Kesadaran sosial adalah keterampilan penting untuk menjadi anggota komunitas sekolah yang bertanggung jawab dan berempati.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)