Hiburan

Mengenal Alat Musik Tifa dan Cara Memainkannya

Alat Musik Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Provinsi Papua yang menjadi identitasi asli masyarakat Papua dan Maluku.

Alat musik tradisional ini mempunyai bentuk yang menyerupai gendang, terbuat dari kayu yang lubang di bagian tengahnya.

Pada bagian lubang tersebut ditutup dengan kulit binatang sehingga bentuknya mirip dengan gendang.

Alat musik Tifa juga mempunyai beberapa jenis, yakni Tifa Bas, Tifa Jekir Potong, Tifa Potong, Tifa Dasar, dan Tifa Jekir.

Masyarakat Papua dan Maluku menggunakan alat musik tradisional ini sebagai instrumen pengiring dalam tarian adat. 

Penyebutan Tifa juga mempunyai beberapa istilah, yaitu Tihal atau Tahito di Maluku Tengah dan Titir di Pulau Aru.

Alat musik ini juga dilengkapi dengan berbagai ukiran yang melambangkan ciri khas daerah masing-masing di Maluku atau Papua.

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Cara memainkan alat musik Tifa adalah dipukul dengan kedua tangan pada bagian kulit gendang untuk mengeluarkan suaranya.

Pada bagian tengahnya terdapat lubang dimana salah satu ujungnya di tutup dengan menggunakan kulit rusa.

Untuk menghasilkan suara yang bagus dan nyaring kulit rusa ini harus dikeringkan terlebih dahulu.

Fungsi Alat Musik Tifa

Alat musik Tifa mempunyai fungsi sebagai alat musik yang berguna untuk mengiringi tari-tarian dalam pesta adat.

Biasanya tari-tarian ini diadakan untuk menyambut tamu atau sebagai tarian perang karena Tifa memiliki peran penting dalam kebudayaan Papua dan sering dijadikan simbol dari keberanian dan semangat juang masyarakat Papua

Papua adalah salah satu daerah yang kental dengan berbagai acara ritual yang diiringi dengan musik ritual sebagai pendukungnya.

Irama tabuh yang dikeluarkan dari Tifa akan terasa sakral dan menjadi sangat penting dalam berbagai kegiatan yang diadakan. 

Alat musik tradisional Tifa dianggap penting bagi suku di Papua karena mereka menganggapnya sebagai ‘oksigen’ yang dibutuhkan setiap hari untuk bernapas.

Fungsi alat musik tifa juga sebagai bentuk kebesaran bagi kepala suku serta menjadi salah satu alat musik yang memiliki nilai sakral.

Keunikan Alat Musik Tifa

Alat musik tradisional Tifa termasuk sebagai single-headed frame drum.

Saat ini alat musik Tifa tidak hanya dimainkan di wilayah Papua dan Maluku saja, melainkan telah menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia.

Keunikan alat musik ini terletak pada bunyi dan juga motifnya. Motif ini juga dapat menjadi tanda dari kepemilikan serta marga mana orang tersebut berasal.

Karena keunikannya itulah, alat musik ini dijadikan sebagai simbol, identitas, kebanggaan, dan sebagai sarana penguat hubungan antar masyarakat. 

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker