Pengertian Cerita Fantasi

Cerita fantasi adalah cerita fiksi dengan genre fantasi tertulis yang berbentuk karangan atau tulisan untuk menuturkan serta menggambarkan perbuatan, pengalaman, dan kejadian berupa angan-angan, khayalan, imajinasi, atau rekaan belaka.

Penulis cerita fantasi umumnya menciptakan dunia imajinasi sendiri dalam ceritanya. Tokoh atau latar pada cerita fantasi adalah tokoh atau latar yang tidak ada di dunia nyata, yang biasanya hasil dari modifikasi dunia nyata.

Hal-hal yang tidak masuk akalpun menjadi hal yang biasa dalam cerita fantasi. Karena itu, tema-tema cerita fantasi biasanya tema-tema yang bersifat magis, supernatural, atau bahkan futuristik.

Baca juga : Pengertian Cerita Fabel dan Contohnya

Contoh cerita fantasi

Nina dan Seekor Kelinci
Karya : Rizka Nurazizah

Nina adalah seorang anak yatim yang tinggal dengan ibu dan saudari tirinya, ia tinggal di sebuah desa yang terpencil.

Nina adalah seorang anak yang cantik juga baik hati. semua orang di desa itu menjuluki Ninas Bagai rembulan, karena wajahnya yang cantik itu. Akan tetapi disamping itu, ibu tiri dan saudari tirinya iri akan kecantikannya.

Pada suatu hari Nina disuruh ibu tirinya untuk memetik sayuran dan buah-buahan di seberang sungai. setelah memetik buah-buahan ia kembali dan memasak sayuran yang dipetik tadi untuk diberikan kepada ibu dan saudarinya.

Hari demi hari terus berlalu, setiap hari ia pergi ke kebun. tetapi pada suatu hari saat ini menyeberang sungai dan akan pergi ke kebun ia terpeleset.

Ia pun terjatuh dan terbawa arus sungai. wajahnya terluka dan lecet karena terkena batu-batuan dan ranting-ranting, sehingga wajahnya tak cantik lagi.

Saat ia terbawa arus sungai ia melihat ada seperti sebuah daun yang menyelamatkannya keadaan ya setengah sadar suatu ya sadar ia sudah berada di tepi sungai. mukanya sangat perih tapi tidak keluar darah. Ia pun bergegas pulang untuk segera mengobatinya.

Sesampainya di rumah Nina bercermin dan menangis melihat wajahnya yang tidak cantik lagi.

Semua orang tidak mau dekat dengannya karena takut dan bau yang menyengat dari wajahnya sehingga semua orang yang ada di dekatnya pasti menjauh dan menghinanya.

Apalagi ibu dan saudarinya mereka menghina Nina dengan kata-kata dan perlakuan yang sangat menyakitkan.

Karena tidak tahan akan penghinaan dari semua orang, Ia pun memutuskan untuk tinggal di kebun.

Di sana Nina tinggal bersama kelinci yang sangat lucu, Nina mengurus kelinci tersebut dengan sepenuh hati.

Tanpa Nina sadari, ternyata kelinci itu adalah seorang bidadari yang akan menyembuhkan wajah buruk rupanya.

Tiba-tiba kelinci itu berubah menjadi Bidadari yang sangat cantik. Nina kaget melihat kejadian aneh ini, Ia pun bertanya”Siapa kau? Dan mau apa kau di sini?” Bidadari pun menjawab “aku adalah seorang bidadari yang akan menyembuhkan wajah buruk rupamu”.

Bidadari tersebut mengeluarkan buah semangka, lalu menyuruh Nina untuk memakannya. “Makanlah biji semangka dari semangka ini, maka wajahmu akan cantik lagi,” kata Bidadari. Anggaplah ini sebagai rasa terimakasihku, karena kamu telah mengurusku Nina.

Akhirnya Nina menuruti yang dikatakan bidadari tersebut. Dengan sedikit rasa khawati dan takut, Ia mulai membelah dan memisahkan biji2 semangka.

Setelah semua biji semangkanya terpisahkan, ia pun mulai menelannya satu persatu. Lalu seketika itu juga tubuhnya mengeluarkan cahaya yang sangat terang, dalam sekejap wajahnya pun menjadi cantik kembali.

Itulah pengertian teks fantasi dan contohnya. Semoga artikel pendidikan ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.