Akademis

Pengertian Oposisi Biner dan Contohnya

Arti Oposisi Biner

Pengertian oposisi biner adalah sebuah sistem yang berusaha membagi dunia dalam dua klasifikasi yang berhubungan secara struktural.

Oposisi biner (binary opposition) juga merupakan produk dari budaya, ia bukan bersifat ‘alamiah’, tapi produk dari sistem penandaan dan berfungsi untuk menstrukturkan persepsi kita terhadap dunia sosial melalui penggolongan-penggolongan dan makna.

Terminologi ini dicetuskan oleh Ferdinand de Saussure, salah seorang (dari dua) pelopor ilmu semiotika dalam bidang linguistik.

Teori oposisi biner menyatakan bahwa pemaknaan akan suatu hal dapat dibentuk melalui kategorisasi yang memisahkan hasil akhir menjadi dua golongan.Jika diartikan per kata dari KBBI, maka oposisi biner mengandung arti sebagai berikut:

Oposisi:

  • partai penentang di dewan perwakilan dan sebagainya yang menentang dan mengkritik pendapat atau kebijaksanaan politik golongan yang berkuasa
  • pertentangan antara dua unsur bahasa untuk memperlihatkan perbedaan arti

Biner:

  • terjadi dari atau ditandai oleh dua benda atau dua bagian; serba dua
  • berdasar dua (tentang bilangan pada sistem bilangan)

Contoh Oposisi Biner

Contoh oposisi biner yang sederhana yaitu hubungan antara guru (yang memberikan pelajaran) dengan murid (yang menerima pelajaran).

Guru dengan murid secara terminologi sosial memang berlawanan fungsi. Namun secara struktural, 2 eleman ini mutlak ada dalam dunia pendidikan.

Seorang guru tentu saja membutuhkan murid untuk mentranformasikan ilmunya dalam sebuah kegiatan pembelajaran.

Di lain pihak, seorang murid membutuhkan hadirnya seorang guru sebagai tempat bertanya dan pembimbing yang mengarahkannya.

Begitulah contoh sederhananya. Sekarang sudah paham kan, apa itu oposisi biner? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya di Sastrawacana.id

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker