Akademis

15 Contoh Alat Musik yang Digesek dan Penjelasannya

Alat musik gesek adalah jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara digesek menggunakan busur gesek.

Alat musik ini umumnya terdiri dari sejumlah senar yang direntangkan pada sebuah bodi atau resonator, dan busur gesek yang digunakan untuk menghasilkan suara dengan cara menggesek senar tersebut.

Contoh Alat Musik yang Digesek

Berikut adalah beberapa contoh alat musik yang digesek yang populer di dunia.

1. Biola

Biola adalah salah satu jenis alat musik yang digesek paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Alat musik ini biasanya terdiri dari empat senar yang disetel pada nada tertentu, dan dimainkan dengan menggunakan busur.

Biola sangat fleksibel dan dapat dimainkan dalam berbagai genre musik, mulai dari musik klasik hingga modern.

2. Cello

Cello adalah alat musik digesek lainnya yang termasuk dalam keluarga alat musik gesek. Ukurannya lebih besar dari biola, dan memiliki suara yang lebih dalam dan merdu.

Alat musik ini juga dimainkan dengan menggunakan busur, dan biasanya dimainkan dalam musik klasik.

3. Viola

Viola adalah alat musik gesek yang mirip dengan biola, tetapi ukurannya lebih besar dan memiliki suara yang lebih rendah.

Alat musik ini juga dimainkan dengan menggunakan busur dan biasanya dimainkan dalam musik orkestra.

4. Kontrabas

Kontrabas adalah alat musik gesek yang terbesar dari keluarga alat musik gesek. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam musik orkestra dan jazz.

Kontrabas memiliki suara yang sangat dalam dan tahan lama, sehingga sering digunakan sebagai alat musik dasar dalam banyak komposisi musik.

5. Biola Alto

Biola alto adalah alat musik gesek yang lebih besar dari biola dan lebih kecil dari cello. Suaranya lebih rendah dari biola dan lebih tinggi dari cello.

Alat musik ini biasanya dimainkan dalam musik orkestra dan juga populer dalam musik daerah.

6. Rebab

Rebab adalah alat musik gesek tradisional Indonesia yang biasanya dimainkan dalam musik klasik, pop, dan dangdut.

Rebab terbuat dari kayu dan memiliki dua senar yang dimainkan dengan menggunakan busur. Suaranya sangat khas dan sering digunakan dalam musik tradisional Indonesia.

7. Erhu

Erhu adalah alat musik gesek tradisional Cina yang sering dimainkan dalam musik klasik, pop, dan tradisional.

Erhu terbuat dari kayu yang memiliki dua senar dan cara nemainkannya menggunakan busur. Suaranya sangat khas dan sering digunakan dalam musik Cina.

8. Violin

Violin adalah alat musik gesek yang serupa dengan biola, tetapi ukurannya lebih kecil dan memiliki suara yang lebih tinggi. Violin biasanya dimainkan dalam musik klasik, jazz, dan pop.

9. Double Violin

Double violin adalah jenis alat musik gesek yang terdiri dari dua biola atau dua violin yang dimainkan bersamaan. Alat musik ini sangat populer dalam musik klasik.

10. Sarangi

Sarangi adalah alat musik gesek tradisional India yang sering dimainkan dalam musik klasik, populer, dan tradisional.

Sarangi terbuat dari kayu dan memiliki tiga senar yang dimainkan dengan menggunakan busur. Suaranya sangat khas dan sering digunakan dalam musik India.

11. Morin Khuur

Morin khuur adalah alat musik gesek tradisional Mongolia yang biasanya dimainkan dalam musik tradisional Mongolia.

Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki dua senar yang dimainkan dengan menggunakan busur. Suaranya sangat khas dan sering digunakan dalam musik Mongolia.

12. Kemanak

Kemanak adalah alat musik gesek tradisional Sulawesi Utara, Indonesia yang biasanya dimainkan dalam musik tradisional Minahasa.

Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki satu senar yang dimainkan dengan menggunakan busur. Suaranya sangat khas dan sering digunakan dalam musik daerah Sulawesi Utara.

13. Tarawangsa

Tarawangsa adalah alat musik tradisional khas Sunda yang digunakan dalam berbagai acara adat dan keagamaan di Jawa Barat.

Alat musik ini terdiri dari sepasang kecapi yang digesek menggunakan busur yang terbuat dari bambu. Tarawangsa umumnya dimainkan oleh seorang pemain tunggal yang disebut sebagai “pawang tarawangsa”.

14. Banjo

Banjo adalah alat musik senar yang berasal dari Amerika Serikat.

Alat musik ini terdiri dari kulit binatang yang tertarik pada bulatan kayu yang berlubang, dan memiliki senar yang dimainkan dengan menggunakan jari atau plektrum.

Banjo biasanya digunakan dalam musik country dan bluegrass.

15. Mandolin

Mandolin adalah contoh alat musik gesek yang mirip dengan gitar, tetapi ukurannya lebih kecil dan memiliki suara yang lebih tinggi.

Mandolin memiliki delapan senar dan dimainkan dengan menggunakan jari atau plektrum. Alat musik ini biasanya digunakan dalam musik klasik dan bluegrass.

Itulah beberapa contoh alat musik yang digesek dengan karakteristik suara dan keunikan yang berbeda-beda.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker