Lifestyle

4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Menulis CV

Saat melamar pekerjaan di situs lowongan kerja online maupun melamar secara langsung ke perusahaan, dokumen penting yang wajib kamu persiapkan adalah CV alias Curriculum Vitae.

Apa itu CV?

Jadi, CV (Curriculum Vitae) biasa disebut sebagai riyawat hidup yang berisi dokumen tentang data diri seseorang beserta pengalaman serta keahliannya.

Umumnya, CV berisi tentang 7 hal penting dari si pelamar pekerjaan, seperti biodata, pendidikan, pengalaman kerja, pendidikan tambahan, pengalaman organisasi, keterampilan, dan prestasi yang pernah diraih.

Lantas, apa sih pentingnya menulis CV?

CV memiliki peranan penting bagi kamu yang ingin melamar pekerjaan. Sebab, perusahaan akan melihat semua hal tentang si pelamar melalui CV yang mereka tulis sebelum akhirnya memutuskan untuk merekrut.

Oleh sebab itu, diharapkan bagi calon pelamar untuk mempersiapkan CV yang baik dan benar agar bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Cara Menulis CV

Nah, apa saja yang perlu diperhatikan dalam menulis CV? Berikut diantaranya:

1. Sesuaikan CV dengan Budaya Perusahaan

Mungkin kamu termasuk orang yang hanya menyiapkan satu CV dengan format yang sama untuk dibagikan kepada beberapa perusahaan.

Sebenarnya, cara tersebut cukup efektif, sebab kamu tidak perlu membuat CV baru setiap kali ingin melamar pekerjaan.

Namun, akan lebih baik lagi jika kamu membuat CV berdasarkan budaya perusahaan yang ingin kamu lamar.

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengenal lebih dalam tentang perusahaan yang dituju agar tidak salah dalam membuat CV.

2. Sertakan Kontak (Nomer Telepon dan Email)

Jangan lupa untuk menyertakan kontak seperti nomer telepon dan alamat email yang bisa dihubungi.

Dalam kasus lain, ada banyak pelamar kerja yang tidak menyertakan kontak mereka. Padahal, kontak pelamar sangat dibutuhkan oleh perusahaan ketika si pelamar memenuhi kriteria yang dicari.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa kamu sudah mencantumkan kontak di dalam CV sebelum mengirimkannya pada perusahaan

3. Cantumkan Informasi Penting Pada Halaman Pertama

Biasanya, informasi penting yang dilihat oleh perusahaan saat membaca CV adalah pengalaman kerja si pelamar.

Sebab, pelamar yang memiliki pengalaman kerja lebih banyak akan terlihat menarik karena bisa dipastikan bahwa ia dapat bekerja dengan baik.

Untuk itu, saat membuat CV, cantumkan pengalaman kerjamu pada halaman pertama agar mudah dilihat oleh perusahaan. Tulis dengan detail apa saja tugas dan tanggung jawabmu dalam kolom pengalaman.

4. Jangan Asal Menjiplak

Kesalahan fatal saat membuat CV adalah asal menjiplak milik orang lain, terutama di internet. Memang benar, di sana terdapat banyak sekali contoh CV yang baik dan benar dan bisa diunduh dengan mudah.

Akan tetapi, jangan sampai asal menjiplak. Kamu juga harus memperhatikan template CV sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, jangan pernah memaksakan diri untuk mengisi hal-hal yang bukan berdasarkan kebenaraan. Misalnya, menulis pengalaman kerja padahal masih belum memiliki pengalaman kerja.

Itulah beberapa tips menulis CV yang bisa kamu praktikkan sebelum melamar kerja ke sebuah perusahaan. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker