Lifestyle

Jangan Boros, Ini 4 Alasan Mengapa Wanita Harus Bisa Mengatur Keuangan

Wanita sejatinya dikenal memiliki sifat konsumtif alias boros dalam menggunakan uang.

Bahkan, sifat tersebut terkadang sulit untuk dikendalikan sehingga pengaturan keuangan mereka berantakan, terlebih sesaat setelah gajian.

Pasti, mereka akan mengeluarkan uang tanpa berpikir panjang.

Sifat tersebut sebenarnya tidaklah baik dan harus segera dirubah. Pasalnya, wanita harus memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan sehingga kebiasaan menghamburkan uang dengan percuma bisa dihindari.

Namun, ada beberapa alasan lainnya yang perlu kamu ketahui mengapa wanita harus memiliki kemampuan mengatur keuangan. Beberapa alasan tersebut diantaranya:

1. Agar Bisa Lebih Mandiri

Wanita mandiri tidak hanya dilihat dari kebiasaan mereka dalam melakukan segala sesuatunya sendiri, melainkan juga dalam mengatur keuangan.

Mengapa demikian?

Sebab, ketika kamu sedang mengalami kesulitan keuangan secara tiba-tiba, kamu tidak akam merasa panik lagi. Sebab, kamu telah pandai dalam mengatur keuanganmu.

2. Agar tidak Menyusahkan Orang Lain

Tujuan utama wanita bekerja sendiri adalah agar bisa hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain, khususnya orang tua.

Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka yang masih mengalami kesulitan ekonomi walau telah bekerja.

Alasannya adalah karena upah bulanan telah habis sebelum waktunya akibat tidak punya kemampuan dalam mengatur keuangan.

Sehingga, mereka kembali menyusahkan orang lain dengan cara meminjam atau meminta uang dari orangtua. Oleh sebab itu, wanita harus bisa mengatur keuangan agar terhindar dari masalah tersebut.

3. Agar Bisa Membedakan Antara Kebutuhan Pokok dan Keinginan

Saat memiliki banyak uang, kamu pasti ingin segera membeli barang yang telah lama kamu idam-idamkan.

Walaupun sebenarnya barang itu tidaklah terlalu penting dan bukan termasuk  ke dalam kebutuhan pokokmu. Alhasil, kamu akan menghamburkan uang dengan percuma.

Nah, ketika kamu sudah bisa mengatur keuangan sendiri, maka kamu akan jadi lebih pintar dalam membedakan mana kebutuhan pokok dan mana yang hanya berupa nafsu atau keinginanmu saja.

4. Agar Bisa Menghargai Barang yang Dimiliki

Alasan terakhir mengapa wanita wajib belajar mengatur keuangan adalah agar kamu bisa menghargai setiap barang yang kamu punya.

Biasanya, kamu suka membeli barang yang tidak begitu penting dan terkadang juga suka merusak barang-barang tersebut dalam waktu yang singkat.

Oleh karenanya, saat kamu bisa mengatur keuangan, maka kamu akan selalu menjaga semua barang yang kamu miliki, khususnya barang yang kamu beli dengan hasil keringat sendiri.

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker