Mengenal J.K Rowling, Penulis Buku Harry Potter yang Terkenal dan Legendaris

Sastrawacana.id

jk rowling penulis harry potter
JK Rowling, Penulis Buku Harry Potter (ANTARA)

Bagi kamu penyuka film bergenre fantasi, pasti sudah tidak asing dengan Harry Potter. film seputar dunia sihir yang begitu terkenal dan populer di seluruh dunia.

Film ini diadaptasi dari novel karya J.K Rowling yang merupakan seorang penulis terkenal, legendaris, dan telah mendapatkan banyak penghargaan.

Penasaran siapa sosok J.K Rowling sebenarnya?

Kisah Hidup J.K Rowling

Kisah hidup J.K Rowling bisa dibilang tidaklah mulus. Ibunya meninggal dunia saat ia berumur 25 tahun.

Kala itu ia baru menulis mengenai Harry Potter selama enam bulan. Ia juga pernah bercerai pada tahun 1993 dan dikaruniai seorang anak. Akibat hal itu ia menjadi stres dan hampir mau bunuh diri.

Setelah bercerai dengan suaminya, J.K Rowling kembali ke Inggris, di Skotlandia dari Portugal dan memutuskan untuk memulai kehidupannya bersama putrinya. Disinilah ia berencana untuk menjadi seorang penulis novel.

Setelah mengalami banyak kesulitan, J.K Rowling mulai menulis novelnya yang kini dikenal dengan nama ‘Harry Potter’.

Akan tetapi, semuanya tak berjalan lancar. Terbukti dengan naskahnya yang selalu ditolak oleh 12 penerbit yang berbeda dengan alasan jalan ceritanya yang terlalu panjang, tidak dapat dicerna, dan pasti tidak akan disukai oleh anak-anak.

Akhirnya pada tahun 1997 ia mendapat kabar dari Bloomsburry, yakni sebuah penerbit di London yang menerbitkan ‘Harry Potter and the Philosopher’s Stone’.

Di sanalah semua karya Harry Potter menjadi terkenal di seluruh dunia bahkan di angkat menjadi sebuah film yang juga meraup keuntungan yang fantastis.

Dalam waktu beberapa bulan saja, jumlah pembaca Harry Potter menjadi semakin meningkat dan telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa di dunia.

Banyak orang di seluruh dunia menyukai kisah Harry Potter. Mereka beranggapan kisah ini sangat imajinatif dan dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Seri Harry Potter, kini telah diterbitkan dalam 80 bahasa serta 500 juta lebih eksemplar telah terjual di seluruh dunia. Atas karyanya ini ia juga dianugerahi berbagai penghargaan.

Dari semua hasil karyanya kini J.K Rowling dinobatkan sebagai penulis yang terkaya di dunia.

Diperkirakan kekayaannya yaitu sebesar $1.2 miliar atau setara dengan 17.7 triliun pada tahun 2016.

Meskipun begitu, hingga kini J.K Rowling sering menggunakankan uangnya untuk berdonasi ke badan amal.

Atas semua perjuangannya itu membawanya menjadi penulis yang terkenal, kaya, dan dihormati di seluruh dunia.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia
x