Pendidikan

UNESA Kembali Masuk Sebagai 25 Universitas Terbaik Indonesia Versi Scimago Institutions Rankings 2023

Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis daftar Universitas terbaik 2023 di Indonesia dan dunia. Dalam pemeringkatan tersebut, UNESA menduduki peringkat 21 nasional dan 4.397 dunia.

Peringkat yang diperoleh UNESA secara nasional tahun ini naik dua tingkat dari posisi 23 pada tahun lalu.

Direktur Inovasi, Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah, Prof. Nadi Suprapto, M.Pd., Ph.D., menuturkan bahwa UNESA telah mengikuti pemeringkatan SIR sejak 2020 lalu dan selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Hal tersebut lantaran Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus meningkatkan kualitas melalui berbagai inovasi dan gebrakan baru dalam dunia pendidikan.

Dalam pemeringkatan SIR didasarkan pada tiga indikator yakni, research (50%); innovation (30%); dan societal (20%).

“Tahun ini, ada dua indikator yang naik, yang mana dalam keseluruhan posisi UNESA di dunia naik yang posisi semula dari 4.450 ke 4.397 dan kami targetkan ketiga indikator juga bisa bersaing,” ucap Prof. Nadi Suprapto.

Pada aspek research, UNESA juga mengalami peningkatan naik dari peringkat 2.280 sebelumnya ke posisi 2.155 dunia.

Kenaikan ini juga didukung karena adanya pergeseran dari mayoritas artikel hasil konferensi di proceeding terindeks scopus menuju artikel di jurnal bereputasi terindeks scopus.

Lantas untuk indikator societal, posisi UNESA juga naik signifikan dari 5.488 ke 4.622 dunia, yang dibuktikan dengan dikenalnya UNESA ke masyarakat luas.

“Selain media sosial, banyaknya mahasiswa, alumni, maupun mitra UNESA, maka societal impact juga meningkat,” imbuhnya.

Prof Nadi juga mengatakan jika UNESA sangat berkomitmen dalam pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Berbagai upaya terus ditingkatkan dalam pemeringkatan SIR, seperti menaikkan jumlah dokumen serta kualitas dokumen di jurnal bereputasi, khususnya terindeks Scopus yang tahun depan pemeringkatan UNESA bisa terus meningkat

“Kami tidak boleh berpuas diri dalam pencapaian ini, kami harus tetap konsisten dan fokus mengingat setiap tahun kompetitor semakin banyak. Kualitas tentu bukan hanya angka di lembaga pemeringkatan, tetapi juga mutu di lapangan. Itu yang kami wujudkan,” ujarnya.

Prof Nadi juga menyebut ada beberapa rencana serta program yang akan dicanangkan dalam persaingan pemeringkatan dunia ke depan.

Seperti pendampingan submit jurnal secara real time, Sinta 2 di UNESA goes to Scopus, manuscript clinic, insentif artikel yang telah terbit, memfasilitasi biaya publikasi hasil konferensi internasional khusus yang terindeks di database bereputasi, bahkan ada rencana melalui program WCU ada insentif delta sitasi, dan masih banyak lagi.

Sumber: unesa.ac.id

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker