Hiburan

Mengenal Apa itu Makanan Fungsional, Contoh, dan Manfaatnya

Pengertian Makanan Fungsional

Makanan fungsional adalah jenis makanan yang kaya dengan nutrisi sehingga memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar daripada makanan biasa.

Makanan fungsional seringkali mengandung bahan-bahan tertentu yang memiliki sifat-sifat fungsional, seperti antioksidan, serat, atau probiotik.

Makanan fungsional ini memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Baca juga: Ciri-Ciri ASI Basi yang Tak Layak Konsumsi, Bunda Harus Tahu!

Contoh Makanan Fungsional

Ada banyak contoh makanan fungsional yang sering kita temukan dan bahkan sering kita konsumsi sehari-hari. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Yogurt

Yogurt adalah makanan fungsional yang mengandung bakteri baik atau probiotik untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Brokoli

Brokoli menjadi makanan fungsional karena mengandung senyawa antioksidan seperti sulforaphane dan glucoraphanin yang membantu mencegah terjadinya kanker dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Salmon

Makanan fungsional salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung serat larut air dan senyawa fitokimia yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Tomat

Tomat mengandung senyawa antioksidan seperti likopen yang membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah terjadinya kanker.

Baca juga: Cara Mengonsumsi Buah Zuriat yang Benar Agar Khasiatnya Maksimal

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang membantu mencegah terjadinya kanker dan menjaga kesehatan jantung.

7. Susu

Susu juga termasuk sebagai makanan fungsional karena bermanfaat untuk kesehatan. Hal tersebut karena susu mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Blueberry

Blueberry mengandung senyawa antioksidan seperti anthocyanin yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

9. Kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung senyawa isoflavon yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

10. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung senyawa flavonoid yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Karet Kebo untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Makanan Fungsional

Dengan rutin mengonsumi makanan fungsional, ada banyak manfaat kesehatan yang kita dapat. Berikut adalah beberapa manfaat makanan fungsional:

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Makanan fungsional dapat menjaga kesehatan pencernaan kita. Adapun beberapa makanan fungsional tersebut seperti yoghurt, kimchi, dan kefir mengandung bakteri baik atau probiotik.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa jenis makanan fungsional juga mengandung senyawa yang sehat untuk jantung, seperti salmon, almond, dan kacang-kacangan karena mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Mencegah Kanker

Dengan rutin mengonsumsi makanan fungsional juga dapat mencegah penyakit kanker. Beberapa makanan tersebut seperti brokoli, bawang putih, dan tomat. Semuanya mengandung senyawa antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan mencegah terjadinya kanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Jika ingin terhindar dari kolesterol tinggi, maka makanan fungsional adalah solusinya. Contoh makanan fungsional yang dapat menurunkan kolesterol seperti kacang kedelai, almond, dan oatmeal yang mengandung serat larut air dan senyawa fitokimia untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Jika tak ingin mengalami penyakit tulang di hari tua, maka sering-seringlah mengonsumi makanan fungsional seperti susu, keju, dan yoghurt karena mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Beberapa makanan fungsional seperti blueberry, dark chocolate, dan ikan salmon mengandung senyawa antioksidan dan asam lemak omega-3 yang baik untuk meningkatkan fungsi otak dan mencegah penyakit Alzheimer.

7. Menjaga Berat Badan

Manfaat makanan fungsional juga untuk program diet. Beberapa makanan tersebut seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau karena mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori, sehingga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat.

Itulah pengertian makanan fungsional, contoh, dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa ikuti Google News Sastrawacana.id untuk informasi menarik lainnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker