Akademis

10 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Perilaku konsumen adalah tindakan, sikap, dan keputusan yang diambil oleh individu dalam proses memilih, membeli, dan menggunakan produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.

Perilaku konsumen mencakup semua aspek yang terlibat dalam proses pembelian, seperti penelusuran informasi, evaluasi produk, pengambilan keputusan, dan tindakan setelah pembelian.

Perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor psikologis, sosial, budaya, dan situasional.

Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi preferensi, persepsi, sikap, dan keyakinan konsumen terhadap produk atau merek tertentu.

Misalnya, motivasi, persepsi nilai, sikap terhadap merek, norma sosial, dan pengaruh kelompok dapat mempengaruhi perilaku konsumen.

Baca juga: 7 Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Ahli dan Penjelasannya

Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian perilaku konsumen menurut para ahli, antara lain:

1. Swasta dan Handoko (dalam Adnan,2019)

Perilaku konsumen adalah sebagai kegiatan individu yang secara langsung telibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan dan persiapan penentu kegiatan-kegiatan tersebut.

2. The American Marketing Association dalam Peter dan Olson (2013)

Mendefinisikan perilaku konsumen sebagai dinamika interaksi antara pengaruh dan kesadaran perilaku dan lingkungan tempat manusia melakukan pertukaran aspek- aspek kehidupan.

3. Engel (2010)

Pengertian perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses mendahului dan menyusul tindakan ini.

Baca juga: 10 Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli

4. Kotler dan Keller (2008:166)

Definisi perilaku konsumen adalah studi tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.

5. Mowen dan Minor (Sangadji dan Sopiah, 2013 : 7)

Perilaku konsumen adalah studi unitunit dan proses pembuatan keputusan yang terlibat dalam penerimaan, penggunaan dan pembelian, dan penentuan barang, jasa dan ide.

6. Harman Malau (2017:217)

Perilaku konsumen adalah tingkah laku tentang individu, kelompok, atau organisasi dan proses yang mereka gunakan untuk memilih, mengamankan, menggunakan, dan membuang produk, jasa, pengalaman, atau ide untuk kepuasan.

7. Kosasih, et al. (2013) dalam Miauw (2016)

Perilaku konsumen adalah tentang bagaimana individu, kelompok, ataupun organisasi memilih, membeli, menggunakan, dan bagaimana barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.

8. Setiadi (2015:2)

Arti perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengonsumsi, dan menghabiskan produk atau jasa, termasuk proses keputusan yag mendahului dan menyusuli tindakan ini.

9. Firmansyah (2018)

Pengertian perilaku konsumen adalah sebuah kegiatan yang berkaitan erat dengan suatu proses pembelian barang atau jasa.

10. Griffin (Hanum & Hidayat, 2017)

Perilaku konsumen adalah semua kegiatan psikologi yang mendorong tindakan pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan halhal di atas atau kegiatan mengevaluasi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker