Akademis

Bola Kasti: Pengertian Menurut Ahli, Sejarah, Teknik, dan Manfaatnya

Bola kasti adalah olahraga yang menggunakan bola kecil dan dimainkan dengan cara beregu, dimana satu regu sebagai pemukul dan regu lain sebagai penjaga.

Regu penjaga bertugas untuk menjaga dan menangkap bola dari regu pemukul. Bola yang berhasil ditangkap oleh regu penjaga, kemudian akan ditembakkan atau dilempar ke regu pemukul yang sedang berlari menuju pos perpindahan.

Sehingga ada jarak dari tempat memukul menuju pos perpindahan. Pada jarak itu, regu pemukul harus memiliki keahlian berlari dan menghindar dari tembakan regu penjaga.

Selain sebagai salah satu cabang olahraga, kasti juga menjadi permainan yang populer, khususnya bagi anak kecil di jenjang Sekolah Dasar.

Baca juga: Apa Itu Dribbling dalam Bola Basket? Ini Pengertian dan Teknik-Tekniknya

Sejarah Bola Kasti

Menurut sejarah, kasti sudah ada sejak tahun 1744 yang pertama kali dipopulerkan oleh William G. Morgan, seorang warga negara Inggris. Sementara menurut istilah, kata kasti berasal dari Bahasa Belanda.

Olahraga kasti pertama kali dimainkan di Inggris sejak dinasti Tudor tahun 1744 di Pretty Little Pocket-Book. Dinasti Tudor adalah dinasti raja dan ratu di Inggris Raya, dimana disebut “dasar bola” oleh John Newbery.

Kemudian, aturan olahraga kasti diformalkan dan disusun oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia tahun 1884.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Official dalam Olahraga dan Perannya

Pengertian Bola Kasti Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian bola kasti menurut para ahli, antara lain:

1. Nasir Rosyidi dkk. (1982: 12)

Permainan kasti adalah permainan yang sangat populer, hingga di beberapa daerah permainan ini mengalami beberapa perkembangan, yang kemudian menimbulkan kesukaran-kesukaran karena perbedaan pendapat.

2. Iwan Ridwan dan Ikman Sulaeman (2008)

Pengertian bola kasti adalah jenis permainan bola kecil yang dilakukan secara beregu. Permainan bola kasti mengutamakan ketangkasan dan kegembiraan serta kerja sama antar pemain.

3. Deni Kurniadi, Suro Prapanca, BSE, (Penjasorkes Kelas IV, 2000 : 3)

Kasti adalah suatu permainan yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 12 orang. Permainan kasti sudah dikenal sejak dulu. Bahkan sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Permainan tersebut dimainkan oleh anak-anak.

Baca juga: Pengertian Bola Besar dan Bola Kecil dalam Dunia Olahraga

Teknik Bermain Bola Kasti

Dalam permainan bola kasti, ada beberapa teknik yang perlu diketahui dan dipelajari agar dapat bermain dengan lancar dan memenangkan permainan. Adapun beberapa teknik bola kasti tersebut antara lain:

1. Memegang Bola

Memegang bola adalah teknik dasar yang harus dimiliki oleh pemain. Teknik memegang bola kasti dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Bola dipegang dengan tangan kanan
2. Cengkeram bola, jangan telralu kuat dan jangan terlalu kendor
3. Jari-jari tangan terbuka menghadap ke atas
4. Bola dipegang erat-erat agar tidak mudah lepas

2. Melempar Bola

Teknik kasti selanjutnya adalah melempar bola, dimana setiap pemain, baik regu pemukul maupun regu penjaga harus mampu melempar bola dengan kuat dan efektif.

Dalam melempar bola, ada beberapa metode atau teknik yang perlu diketahui, antara lain:

1. Lempar bola melambung, tujuannya untuk mengoper bola kepada teman satu regu.
2. Lempar bola lurus, tujuannya untuk menembak kepada regu lawan agar tepat sasaran.
3. Lempar bola menyusur tanah, tujuannya untuk mengoper bola kepada teman yang jaraknya agak jauh.

3. Menangkap Bola

Kemudian, teknik dasar permainan bola kasti yang harus dipahami adalah tentang menangkap bola. Cara menangkap bola cukup bervariasi, tergantung dari arah datangnya bola, kecepatan bola, hingga seberapa tinggi bola melambung.

4. Memukul Bola

Teknik kasti selanjutnya adalah memukul bola menggunakan tongkat atau pemukul. Setiap pemain harus dapat melakukan teknik ini agar hasil pukulannya menjadi lebih efektif dan memiliki kekuatan sehingga bola dapat melambung jauh.

Baca juga: 10 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Manfaat Permainan Bola Kasti

Layaknya jenis olahraga lain, kasti juga memiliki beragam manfaat yang baik, khususnya bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat bola kasti adalah sebagai berikut:

1. Kesehatan dan Kebugaran

Bermain bola kasti melibatkan gerakan aktif seperti lari, melompat, dan melempar bola. Aktivitas ini membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan otot, kecepatan, dan koordinasi tubuh.

Selain itu, bermain bola kasti juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan meningkatkan sistem kesehatan secara keseluruhan.

2. Keterampilan Motorik

Permainan bola kasti melibatkan gerakan seperti melempar, menangkap, memukul bola dengan tangan atau tongkat.

Melalui latihan dan bermain secara teratur, pemain dapat mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata, dan mengasah refleks.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Strategis

Dalam bola kasti, pemain perlu merencanakan strategi dan mengambil keputusan yang cepat. Mereka harus mempertimbangkan posisi lawan, memilih pukulan atau lemparan yang tepat, dan berkomunikasi dengan rekan tim.

Hal ini membantu meningkatkan kemampuan berpikir strategis, pemecahan masalah, dan mengembangkan kecerdasan taktis.

4. Interaksi Sosial

Bermain bola kasti melibatkan kerjasama dalam tim, komunikasi, dan interaksi dengan rekan tim dan lawan.

Hal ini membantu mengembangkan keterampilan sosial, membangun persahabatan, belajar bekerja sama, menghormati perbedaan, dan mengembangkan kemampuan komunikasi.

5. Relaksasi dan Hiburan

Permainan bola kasti tidak hanya menyediakan manfaat fisik dan mental, tetapi juga merupakan bentuk hiburan yang menyenangkan.

Bermain bersama teman-teman atau keluarga dalam suasana yang santai dapat memberikan kesenangan dan mengurangi stres.

6. Pembentukan Karakter

Bermain bola kasti dapat membantu dalam pembentukan karakter seperti disiplin, ketekunan, kejujuran, sportivitas, dan semangat tim.

Pemain belajar untuk menerima kekalahan dengan lapang dada, menghargai upaya rekan tim, dan berusaha memperbaiki kemampuan mereka.

Itulah penjelasan tentang apa itu permainan bola kasti, sejarah, teknik, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, ikuti Google Berita Sastrawacana.id agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker