Akademis

10 Pengertian Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Pelayanan prima adalah suatu pendekatan dalam memberikan layanan kepada pelanggan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sangat baik dan memuaskan.

Pelayanan prima melibatkan sikap dan tindakan yang proaktif dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan dengan cara yang profesional, ramah, efisien, dan berkualitas.

Hal ini meliputi berbagai aspek, seperti keramahan, responsif, penyelesaian masalah, kecepatan, perhatian, dan keberlanjutan.

Pelayanan prima bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik antara penyedia layanan dan pelanggan, sehingga pelanggan merasa dihargai, puas, dan memiliki keinginan untuk kembali menggunakan layanan tersebut.

Baca juga: 10 Pengertian Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli

Pengertian Pelayanan Prima Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian pelayanan prima menurut para ahli.

1. Suwithi dalam (Frimayasa & Administrasi, 2017)

Pelayanan prima adalah pelayanan yang terbaik yang diberikan kepada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal berdasarkan standard dan prosedur pelayanan.

2. Semil dalam (Zulkarnain Wildan dan Sumarsono, 2018)

Kata pelayanan prima dalam bahasa inggris keseharian tidak disebut sebagai premium service, tetapi disebut dengan excellent service (pelayanan yang unggul, baik sekali) atau service excellent (keunggulan pelayanan, pelayanan dengan mutu yang baik sekali).

3. Zaenal Mukarom dan Wijaya Laksana (2018)

Pelayanan prima merupakan terjemahan istilah “service excellent” yang secarah harfiah berarti pelayanan terbaik atau sangat baik. Disebut sangat baik atau terbaik karena sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku atau dimiliki instansi pemberi layanan.

4. Freddy (2017)

Pelayanan prima adalah suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain pelayan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan.

5. Firmansyah (2016)

Pelayanan prima adalah pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan atau masyarakat atau pemangku kepentingan lainnya; upaya memenuhi kebutuhan atau permintaan; menyiapkan, mengurus yang diperlukan secara prima, sehingga pelanggan mendapatkan sesuatu yang melebihi harapannya.

Baca juga: 10 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

6. Pratomo & Shaff (2000:107)

Pelayanan Prima adalah rasa keperdulian organisasi yang berorientasi keuntungan (profit oriented) atau organisasi yang berorientasi sosial (nonprofit) terhadap pelanggan yang ditunjukkan dengan adanya sikap, perhatian, dan tindakan nyata, sehingga pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan prima yang diberikan.

7. Maddy (2009:8)

Pengertian pelayanan Prima (Excellent Service) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan.

8. Barata (2003; 30)

Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan.

9. Daviddow dan Uttal (1989)

Pelayanan merupakan kegiatan/keuntungan yang ditawarkan oleh organisasi atau perorangan kepada konsumen/costomer yang bersifat tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki.

10. Prasetyawati (dalam Putra, 2019)

Definisi pelayanan prima adalah upaya maksimal terbaik yang diberikan sehingga dapat memenuhi kebutuhan sesuai keinginan pengguna jasa.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker