Lifestyle

5 Ide Menu Berbuka Puasa untuk Diet, Solusi Buat Kamu yang Takut Gendut

Ketika puasa Ramadhan tiba, sebagian besar orang terutama wanita akan memanfaatkannya untuk melakukan program diet.

Namun, tak jarang dari mereka gagal akibat berbagai macam alasan, salah satunya adalah karena salah dalam memilih menu berbuka puasa untuk diet.

Meski sudah seharian menahan lapar, tapi jika menu atau hidangan makanan yang disiapkan untuk berbuka puasa tidak mengandung gizi yang lengkap dan justru berkalori tinggi, maka diet yang kamu jalani akan gagal total.

Untuk itu, pilihlah menu berbuka puasa yang dapat mendukung keberhasilan dietmu seperti beberapa contoh menu berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Diet Cepat dan Mudah Untuk Dapatkan Tubuh Langsing Ideal

1. Kentang rebus

Kentang merupakan salah satu umbi-umbian yang menjadi pilihan banyak orang ketika sedang menjalankan program diet. Biasanya, menu ini digunakan sebagai pengganti nasi.

Kentang rebus juga bisa menjadi salah satu menu sederhana yang bisa kamu nikmati saat berbuka puasa. Selain menyehatkan, juga bisa membantumu mendapatkan berat badan ideal.

Namun, perlu diingat bahwa olahan kentang yang tepat untuk dikonsumsi saat diet adalah dengan cara direbus dan tidak boleh digoreng.

2. Teh dan tiga butir kurma

Seperti sabda nabi, berbukalah dengan yang manis. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua makanan dan minuman manis bisa kamu nikmati saat berbuka puasa.

Makanan dan minuman manis seperti kolak, sirup, es cendol, dan lain sebagainya, sebaiknya jangan menjadi pilihan menu utama ketika berbuka puasa.

Perlu diingat, makanan dan minuman manis yang dimaksud dalam sabda nabi tersebut adalah tiga butir kurma dan juga secangkir teh.

Tidak hanya mampu mengembalikan energi, kurma dan teh juga bisa membantu melancarkan pencernaan karena mengandung potasium, magnesium, zat besi, vitamin B6, dan fiber.

Baca juga: Cara Mengonsumsi Buah Zuriat yang Benar Agar Khasiatnya Maksimal

3. Salmon panggang

Bagi kamu pecinta ikan salmon, menu ini bisa dijadikan sebagai hidangan utama saat berbuka puasa.

Salmon panggang memiliki citarasa lezat dan juga menyehatkan, terlebih lagi saat kamu sedang menjalankan program diet.

Ikan salmon terbukti mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu memberikan rasa kenyang sehingga dapat menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, kandungan protein di dalamnya juga bisa membantu menambah massa otot.

4. Nasi merah

Selain kentang, kamu juga bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah sebagai menu utama berbuka puasa saat sedang diet. Nasi merah mengandung karbohidrat baik sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Tak hanya itu, nasi merah juga mengandung protein, serat, dan antioksidan tinggi sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.

Selain dapat menurunkan berat badan, beras merah juga terbukti dapat menangkal radikal yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: 10 Sayuran untuk Ibu Menyusui, Agar ASI Lancar dan Bernutrisi

5. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Dalam satu buah alpukat mengandung asam oleat atau lemak tak jenuh.

Selain itu, ada ragam kandungan baik lainnya seperti serat, antioksidan karotenoid, dan kalium yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, perlu diingat bahwa saat mengonsumsi alpukat sebaiknya jangan ditambahkan gula dan susu agar tidak mengandung kalori tinggi sehingga dapat menaikkan berat badan.

Demikianlah 5 ide menu berbuka puasa untuk diet yang juga dapat menyehatkan tubuh. Jangan lupa imbangi dengan mengkonsumsi sayuran serta air putih yang cukup.

Author: Eva

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker