Pendidikan

Kripca, Keripik Kekinian yang Tampilannya Mirip Kaca dengan Tekstur Kriuk

Belakangan ini ada banyak camilan-camilan kekian yang bermunculan dan digandrungi oleh banyak orang, salah satunya adalah kripca.

Kripca menjadi camilan yang populer saat ini karena viral di media sosial. Setelah viral, banyak yang memburu camilan ini.

Bahkan, tak sedikit pula yang mencari resep kripca untuk usaha sendiri karena peminatnya sangat banyak.

Baca juga: Aneka Jajanan Kekinian yang Rasanya Menggoyang Lidah, Sudah Pernah Nyoba?

Apa itu kripca?

Kripca atau keripik kaca adalah camilan yang terbuat dari irisan singkong yang diiris tipis-tipis. Kemudian, irisan tersebut dioven sehingga teksturnya menyerupai kaca.

Dari segi tampilan, camilan ini memiliki warna yang bening dan seolah tembus pandang. Lebih menggoda lagi karena diberi bumbu serbuk aneka rasa,

Cukup menggoda, apalagi bagi pecinta pedas. Sebab, biasanya kripca diberi bumbu pedas dengan tingkat kepedasan atau level tertentu. Ketika dimakan, rasanya renyah, gurih, dan pedas.

Tapi, bagi yang tidak suka pedas masih bisa menikmati keripik viral ini karena tersedia juga rasa asin.

Menurut informasi yang beredar, camilan kripik kaca ini berasal dari daerah Ciamis, Jawa Barat. Kabarnya, camilan kripca ini dulu dikenal dengan nama beledag singkong.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Bawang yang Enak dan Gurih

Namun, karena viral dan diketahui masyarakat luas, akhirnya namanya berubah menjadi keripik kaca.

Sesuai dengan namanya, beledag singkong atau yang sekarang dikenal sebagai kripca ini terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis kemudian dicampur dengan tepung tapioka, garam, dan air secukupnya.

Karena begitu viralnya camilan keripik ini, sekarang tidak sulit mendapatkannya. Ada banyak yang menjual kripca dengan berbagai rasa di toko online. Jadi, kita bisa memilih sesuai dengan selera.

Selain rasanya yang gurih, camilan ini juga tidak mahal. Harga kripca bervariasi, tergantung jumlah yang dibeli, apakah kita ingin membeli eceran atau partai besar.

Tapi biasanya camilan seperti ini dijual kiloan. Harga kripca 1kg dibanderol dengan harga berkisar Rp 40.000-60.000 rupiah.

Baca juga: 10 Jajanan Pasar dari Singkong yang Populer dan Rasanya Lezat

Dengan membeli kiloan, kita bisa lebih hemat. Dapat dikonsumsi sendiri maupun dijual lagi secara eceran.

Nah, itulah penjelasan tentang kripca, keripik yang viral di media sosial saat ini. Jangan lupa ikuti Google Berita Sastrawacana.id agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.

Author: Maulana Affandi

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker