Lifestyle

Apa Itu Altruis? Ini Pengertian, Karakteristik, dan Manfaatnya

Altruisme adalah tindakan atau perilaku seseorang yang memberikan perhatian dan bantuan kepada orang lain tanpa memperhatikan kepentingan pribadi.

Seseorang dengan sifat altruisme tidak pernah memikirkan apa yang didapat atau apa manfaat untuk diri sendiri ketika membantu orang lain.

Jadi bisa dikatakan jika sikap altruisme adalah sikap kepedulian terhadap orang lain dan keinginan untuk membantu secara sukarela, tanpa berharap imbalan apapun.

Altruis mendorong kita untuk melihat dunia bukan hanya dari perspektif pribadi, melainkan juga dari sudut pandang orang lain.

Sudut pandang ini melibatkan kemampuan untuk merasakan empati dan kesediaan demi membantu sesama, terlepas dari manfaat yang mungkin kita peroleh.

Baca juga: Mengenal Heuristik dalam Psikologi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Karakteristik Kepribadian Altruis

Orang yang memiliki sifat altruisme memiliki karakteristik yang membedakannya dengan orang lain. Adapun karakteristik kepribadian altruis adalah sebagai berikut:

1. Cenderung memiliki empati yang tinggi terhadap kebutuhan orang lain.

2. Individu yang altruistik biasanya memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

3. Orang yang altruistik cenderung memiliki prinsip-prinsip moral yang jelas dan berkomitmen untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

4. Orang yang altruistik biasanya siap membantu orang lain tanpa ragu-ragu atau menunda-nunda.

5. Altruisme bukan tentang mencari pengakuan atau pujian. Orang yang altruistik cenderung memiliki sifat kerendahan hati.

6. Altruis juga melibatkan keberanian untuk mengambil risiko dan menghadapi tantangan dalam membantu orang lain.

Baca juga: Apa itu Alter Ego? Ini Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Manfaat Altruis

Praktik altruisme tidak hanya memberikan manfaat bagi penerima bantuan, tetapi juga memberikan manfaat yang signifikan bagi individu yang mempraktikkannya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengembangkan sikap altruistik:

1. Kepuasan dan Kebahagiaan

Salah satu manfaat utama dari berbagi dan membantu orang lain adalah mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan batin yang mendalam.

Melihat orang lain mendapatkan manfaat atau merasa lebih baik karena bantuan kita dapat memberikan perasaan kepuasan yang luar biasa.

Hal ini dapat meningkatkan perasaan bahagia dan memberikan makna yang lebih dalam dalam hidup.

2. Memperluas Hubungan Sosial

Altruisme memperkuat hubungan sosial dan memperluas jaringan.

Ketika membantu orang lain, secara tak langsung kita akan membentuk hubungan positif dengan orang lain yang memiliki sikap dan tujuan sama.

Baca juga: Mengenal Princess Syndrome, Istilah yang Viral di Media Sosial

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Melakukan tindakan altruistik dapat membantu seseorang mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Hal tersebut didapatkan karena ketika fokus kita terarah pada orang lain, maka sejenak kita dapat melupakan masalah pada diri sendiri.

Penurunan stres dan kecemasan sangat berkontribusi pada kesehatan di masa depan, termasuk kesehatan fisik dan keseimbangan emosional.

4. Peningkatan Diri dan Pengembangan Pribadi

Praktik altruisme juga dapat berkontribusi pada perkembangan pribadi kita. Melalui membantu orang lain, kita dapat mengasah keterampilan sosial, meningkatkan empati, dan belajar berkomunikasi dengan lebih baik.

5. Efek Positif yang Meluas

Tindakan altruistik tidak hanya berdampak pada penerima bantuan langsung, tetapi juga memiliki efek bagi masyarakat luas.

Ketika kita melakukan perbuatan baik, kita menginspirasi dan mempengaruhi orang lain di sekitar kita. Tentu saja ini menciptakan dapat memicu tindakan altruistik lainnya.

Baca juga: 5 Sifat Zodiak Cancer Pria, Bikin Wanita Klepek-Klepek

6. Mendapatkan Kepuasan Hidup

Berkontribusi secara positif kepada orang lain dan masyarakat memberikan makna dan tujuan yang lebih besar dalam hidup kita.

Menyadari bahwa kita memiliki kapasitas untuk membantu dan membuat perbedaan positif memberikan rasa nilai diri yang kuat.

Altruisme memungkinkan kita untuk melihat bahwa kehidupan kita memiliki dampak yang berarti dan memberikan kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)