Pendidikan

Arti Rest In Peace Secara Bahasa dan Menurut Sudut Pandang Islam

Kata Rest In Peace atau yang biasa disingkat dengan RIP, mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Sebab, kata ini kerap diucapkan dan dianggap sebagai bahasa gaul.

Rest In Peace biasanya diucapkan untuk mengungkapkan bela sungkawa atau turut berduka cita pada seseorang yang mengalami musibah.

Kendati demikian, masih banyak orang yang masih belum mengerti apa arti dari kata tersebut.

Yuk ketahui apa arti Rest In Peace dan bagaimana pandangannya menurut Islam! Simak artikel berikut ini.

Baca juga: Kumpulan Motto Skripsi Islami dalam Bahasa Arab dan Terjemahannya

Arti Rest In Peace

Rest In Peace berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti beristirahat dengan tenang. Artinya, seseorang yang sudah meninggal diharapkan bisa damai setelah kematiannya.

Misalnya, ada seorang artis yang dikabarkan telah meninggal dunia. Setelah itu, banyak masyarakat berbondong-bondong mengucapkan kata Rest In Peace di kolom komentar social media sang artis.

Dalam artian, masyarakat berharap bahwa sang artis bisa beristirahat dengan tenang setelah kematiannya.

Rest In Peace bisa dikatakan sebagai ucapan yang memiliki arti baik.

Sehingga, bagi setiap orang yang sedang mendapat musibah dan mendapatkan kata tersebut dari orang lain, maka hatinya akan merasa sedikit tenang.

Sebab, kata tersebut juga bisa menunjukkan rasa empati dari si pengucap.

Perlu diingat, kata RIP atau Rest In Peace tidak hanya diucapkan untuk menunjukkan rasa belasungkawa terhadap seseorang yang sedang meninggal saja.

Biasanya, kata tersebut ramai diucapkan oleh masyarakat, khususnya pengguna social untuk mengungkapkan kekecewaan terhadap buruknya sikap pejabat pemerintahan.

Sebagai contoh, ketika hukum tidak ditegakkan secara adil, masyarakat menuliskan #RIPKeadilan.

Atau ketika hukum berlangsung secara tidak masuk akal, mereka  menuliskan #RIPAkalSehat, dan masih banyak contoh lainnya.

Baca juga: Pengertian Metode Ummi, Kelebihan, Kekurangan, Tahapan, dan Doanya

Rest In Peace Menurut Sudut Pandang Islam

Meski kata RIP kerap diucapkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, namun perlu diketahui bagaimana sudut pandang Islam ketika mengucapkannya.

Mengucapkan belasungkawa terhadap seseorang yang sedang berduka, memang merupakan suatu sikap terpuji.

Namun, perlu diingat bahwa dalam Islam, mengucapkan kata Rest In Peace sebaiknya dihindari.

Sebab, kata tersebut merupakan bentuk ucapan doa yang biasa diucapkan oleh umat Kristen sejak abad ke-18.

Oleh sebab itu, bagi seorang muslim sebaiknya ubah kata RIP menjadi ucapan belasungkawa yang semestinya telah diajarkan oleh agama Islam, yakni Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Kata Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un tidak hanya mengacu pada seseorang yang telah meninggal, namun juga bisa diucapkan ketika terjadi sebuah bencana.

Misalnya, di sebuah daerah sedang tertimpa musibah bencana alam, maka sebagai umat muslim yang memiliki rasa empati harus mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.

Baca juga: 7 Perbedaan Umroh dan Haji yang Harus Diketahui Umat Muslim

Tak hanya itu, ketika seseorang sedang kehilangan benda berharganya, tak ada salahnya untuk mengucapkan kata tersebut sebagai bentuk dari rasa prihatin.

Nah, demikianlah arti Rest In Peace menurut bahasa dan sudut pandang menurut Islam.

Tak ada yang salah dengan niat baik kita dalam mengucapkan belasungkawa untuk menunjukkan rasa empati pada seseorang yang sedang mengalami musibah, namun sebaiknya kita tidak melupakan apa yang sudah diajarkan oleh agama yang diyakini.

Author: Eva

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker