Pendidikan

Wacana Wajib Pasang CCTV di Setiap Fasilitas Pendidikan Mencuat, Ini Komentar DPRD Banjarmasin

Beberapa waktu belakangan muncul wacana mewajibkan setiap fasilitas pendidikan di Banjarmasin memasang CCTV untuk memantau aktivitas belajar mengajar.

Wacana tersebut mendapat dukungan dari DPRD Banjarmasin. Dalam hal ini, Sekretaris Komisi IV di DPRD Banjarmasin, Mathari menyerukan jika memang diperlukan, Pemko Banjarmasin bisa membuat aturan khusus mengenai hal itu.

“Bisa dengan dibuatnya Peraturan Wali Kota (Perwali) atau Surat Edaran (SE) dari Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin,” ujarnya (16/6/2023), dikutip dari laman radarbanjarmasin.jawapos.com.

Politisi itu memiliki alasan tersendiri mengapa mendukung wacana tersebut agar segera teralisasi.

Selain untuk memantau aktivitas belajar mengajar di sekolah, CCTV juga dapat difungsikan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan yang dianggap melanggar.

“Ketika ada hal-hal yang kemudian melanggar aturan, melanggar norma bisa terdeteksi,” pungkasnya, dikutip Sastrawacana.id dari kanal Youtube Lintas Banua Banjar TV.

Seperti diketahui, tindakan kekerasan di lingkungan sekolah masih menjadi masalah serius yang terus terjadi, salah satunya dugaan tindakan kekerasan yang belum lama terjadi di salah satu PAUD di Banjarmasin.

Karena tidak ada CCTV, maka sulit untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dan siapa pelakunya. Maka, muncul wacana dari warga untuk memasang CCTV di setiap fasilitas pendidikan.

Ungkapnya lagi, Politisi dari partai PKS ini juga mengharap jika CCTV tersebut nantinya bisa untuk media pengawasan kepada siswa maupun guru demi meningkatkan kualitas pendidikan.

Author: Maulana Affandi

Sumber: radarbanjarmasin.jawapos.com, Youtube/Lintas Banua Banjar TV

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker