Pendidikan

5 Perbedaan PAUD dan TK, Orang Tua Wajib Tahu

Dalam dunia pendidikan, terdapat dua jenis jenjang pendidikan anak-anak yang bertujuan untuk membantu anak usia dini belajar sejak usia dini.

Dua jenis jenjang tersebut adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK).

Meskipun keduanya sama-sama berfokus pada anak usia dini, namun terdapat perbedaan pada hal-hal tertentu.

Perbedaan PAUD dan TK

Berikut adalah perbedaan PAUD dan TK yang perlu diketahui oleh para orang tua.

1. Usia Anak

Perbedaan pertama yang paling terlihat antara PAUD dan TK adalah usia anak.

PAUD merupakan jenjang pendidikan bagi anak usia 2 sampai 4 tahun, sedangkan TK berfokus pada anak usia 4 sampai 6 tahun.

2. Kurikulum

Perbedaan kedua adalah kurikulum yang digunakan.

Kurikulum PAUD bertujuan untuk membangun fondasi pendidikan anak sejak dini melalui kegiatan bermain dan metode yang sesuai dengan perkembangan anak.

Sedangkan di TK, pelajarannya lebih terstruktur dan terprogram dengan mengacu pada standar kurikulum yang sudah ditetapkan.

Kurikulum PAUD bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dasar anak, seperti motorik kasar dan halus, keterampilan sosial, dan kognitif sederhana.

Sedangkan di TK, kurikulum yang digunakan lebih komprehensif dengan materi yang lebih luas seperti membaca dan menulis, matematika, sains serta social studies.

3. Metode Pengajaran

PAUD dan TK juga memiliki metode pengajaran yang berbeda.

Pada PAUD, metode pengajaran yang digunakan merupakan guidance play atau pembelajaran melalui kegiatan bermain.

Dalam hal ini pengajar berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan kegiatan belajar dari segi kognitif, motorik, dan emosional. Sehingga pengajaran lebih menekankan pada kegiatan bermain.

Sedangkan di TK, metode pengajaran adalah pembelajaran formal dan didasarkan pada kurikulum yang sudah ditetapkan.

Anak-anak akan belajar dalam kelas dan diharapkan untuk memenuhi target belajar sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan.

Pada saat ini, guru akan berfungsi sebagai instruktur, dengan mengajar materi dalam cara mengajar yang terstruktur dan terprogram dengan baik, serta memastikan anak memahaminya.

4. Pendidik

Sering juga terdapat perbedaan tenaga pengajar di antara taman kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini.

Meskipun keduanya membutuhkan guru yang berkualitas dan berpengalaman, tenaga pendidik di PAUD umumnya tidak wajib memiliki latar belakang pendidikan atau sertifikasi khusus seperti tenaga pengajar pada TK.

Sebaliknya, tenaga pengajar pada TK diharuskan untuk memiliki latar belakang pendidikan serta sertifikasi khusus menjadi guru TK.

Hal ini untuk memastikan bahwa tenaga pendidik pada TK benar-benar memiliki kualifikasi dan pengalaman yang memadai untuk mengajar anak-anak dengan metodologi yang sesuai dengan standar umum.

5. Tujuan Pembelajaran

Perbedaan antara PAUD dan TK adalah tujuan pembelajarannya.

Pada PAUD, tujuan pembelajaran adalah membantu anak menemukan dan mengembangkan kemampuannya masing-masing melalui kegiatan bermain dan kegiata belajar lainnya.

Adapun tujuan dari pembelajaran pada TK lebih fokus dalam meningkatkan kualitas intelektual anak serta menciptakan kinerja akademis yang baik.

Dengan mengenal perbedaan antara PAUD dan TK, maka orang tua dan pendidik bisa mendapat kejelasan dalam memilih jenjang pendidikan yang tepat untuk anak sesuai dengan kebutuhannya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker