Sastra

15 Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Secara harfiah, novel berasal dari bahasa Italia yaitu novella yang artinya kisah atau sepotong berita.

Sementara menurut KBBI, arti novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Maka, definisi novel secara umum adalah salah satu bentuk karya sastra berbentuk prosa yang sifatnya fiksi atau karangan dari imajinasi penulis.

Biasanya, novel mencakup berbagai genre, seperti roman, petualangan, misteri, fiksi ilmiah, fantasi, sejarah, dan banyak lagi.

Meski sifatnya adalah fiksi alias karangan, tapi penulis juga butuh riset agar novel memiliki alur yang menarik sehingga disukai oleh pembaca.

Baca juga: 10 Pengertian Peribahasa Menurut Para Ahli

Pengertian Novel Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian novel menurut para ahli.

1. Rahayu (2014)

Novel adalah genre prosa yang mengungkapkan unsur-unsur cerita yang paling lengkap, memiliki media yang luas, dan menyajikan masalah kemasyarakatan yang luas.

2. Hasniati (2018)

Novel merupakan karya fiksi yang bersifat imajinatif. Sebagai sebuah karya imajinatif, karya fiksi menawarkan berbagai permasalahan manusia dan kemanusiaan, hidup dan kehidupan.

3. Tarigan (2000:164)

Novel berasal dari bahasa latin novelius yang diturunkan pada kata novelis yang berarti baru. Bisa dikatakan baru jika dibandingkan dengan karya sastra seperti puisi, drama, dan lain-lain.

Baca juga: 9 Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

4. Nurgiyantoro (2015: 11-12)

Berpendapat bahwa novel memiliki cerita yang panjang, katakanlah sejumlah ratusan halaman, jelas tidak dapat disebut dengan cerpen, namun lebih tepatnya disebut dengan novel.

5. Thaba (2019)

Novel disebut sebagai karangan yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut isi dan jiwanya masing-masing yang diolah menjadi sebuah kisah sesuai dengan tujuan pengarang.

6. Kosasih (2012:60)

Pengertian novel adalah karya imajinatif yang mengisahkan sisi utuh atas problematika kehidupan seseorang atau beberapa orang tokoh.

7. Susanto (2012:32)

Menyatakan bahwa karya sastra (novel, cerpen, dan puisi) adalah karya imajinatif, fiksional, dan ungkapan ekspresi pengarang.

Baca juga: 7 Pengertian Wacana Menurut Para Ahli

8. Al-Ma‟ruf (2010:17)

Novel merupakan hasil dialog, kontemplasi, dan reaksi pengarang terhadap kehidupan dan lingkungannya setelah melalui penghayatan dan perenungan secara intens.

9. Endah Tri Priyatni

Kata novel berasal dari bahasa Latin Novellus. Kata Novellus dibentuk dari kata novus yang berarti baru atau new dalam bahasa Inggris. Dikatakan baru karena bentuk novel adalah bentuk karya sastra yang datang kemudian dari bentuk karya sastra lainnya, yaitu puisi dan drama.

10. The Advanced of Current Englisht

Novel adalah suatu cerita dengan suatu alur yang cukup panjang mengisi satu buku atau lebih, yang menggarap kehidupan manusia yang bersifat imajinatif.

11. Ensiklopedi American

Pengertian novel adalah cerita dalam bentuk prosa yang agak panjang dan meninjau kehidupan sehari-hari.

12. Jakob Sumardjo

Novel adalah bentuk sastra yang paling popular di dunia. Bentuk sastra ini paling banyak dicetak dan paling banyak beredar, lantaran daya komunitasnya yang luas pada masyarakat.

Baca juga: 19 Definisi Karya Sastra Menurut Para Ahli

13. Hudhana & Mulasih (2019: 43)

Novel diciptakan oleh pengarang sebagai suatu perjalanan atau peristiwa panjang seorang tokoh dalam kehidupan.

14. Sudjiman (1984: 53)

Novel adalah prosa rekaan yang panjang dengan menyuguhkan tokoh-tokoh dan menampilkan serangkaian peristiwa dan latar secara tersusun.

15. Semi (1993: 32)

Dalam istilah novel tercakup pengertian roman, sebab roman hanyalah istilah novel untuk zaman sebelum perang dunia kedua di Indonesia.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker