Pendidikan

10 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Secara harfiah, populasi berasal dari bahasa latin yaitu population yang artinya jumlah penduduk. Dalam bahasa latin disebut populis, yang artinya sekelompok individu.

Sementara menurut KBBI, arti populasi adalah sebagai berikut:

  • seluruh jumlah orang atau penduduk di suatu daerah.
  • jumlah orang atau pribadi yang mempunyai ciri-ciri yang sama.
  • jumlah penghuni, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu satuan ruang tertentu.
  • sekelompok orang, benda, atau hal yang menjadi sumber pengambilan sampel; suatu kumpulan yang memenuhi syarat tertentu yang berkaitan dengan masalah penelitian.

Maka, secara umum populasi adalah istilah yang untuk merujuk pada keseluruhan individu, objek, atau entitas yang memiliki karakteristik atau atribut yang sama di suatu wilayah.

Dalam konteks demografi, populasi merujuk pada jumlah total individu dalam suatu wilayah atau negara pada waktu tertentu.

Hal tersebut mencakup semua individu yang tinggal di wilayah tersebut, termasuk semua kelompok usia, jenis kelamin, dan karakteristik lainnya.

Baca juga: 12 Pengertian Bimbingan Konseling Menurut Para Ahli

Pengertian Populasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian populasi menurut para ahli.

1. Sugiyono (2017:215)

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek atau subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

2. Suryani dan Hendryadi (2015:190-191)

Pengertian populasi adalah sekelompok orang, kejadian atau benda yang memiliki karakteristik tertentu dan dijadikan objek penelitian.

3. Cooper dan Emory (1997)

Mengemukakan populasi adalah seluruh kumpulan elemen yang dapat kita gunakan untuk membuat beberapa kesimpulan.

Baca juga: 10 Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

4. Kuncoro (2003)

Pengertian populasi adalah kelompok elemen yang lengkap, yang biasanya berupa orang, objek, transaksi atau kejadian dimana kita tertarik untuk mempelajarinya atau menjadi objek penelitian.

5.  Nazir (1999)

Mengatakan definisi populasi adalah kumpulan dari individu dengan kualitas serta ciri-ciri yang telah ditetapkan.

6. Somantri (2006:62)

Populasi merupakan keseluruh elemen, atau unit elemen, atau unit penelitian, atau unit analisis yang memiliki karakteristik tertentu yang dijadikan sebagai objek penelitian.

7. Gasperz (1989:25)

Populasi tidak lain adalah keseluruhan unsur-unsur yang akan diteliti atau yang akan dijadikan sebagai objek penelitian, dan tentunya kesimpulan yang ditarik hanya berlaku untuk keadaan dari objek-objek tersebut.

8. Riduwan dan Tita Lestari (1997:3)

Mengatakan bahwa populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian.

Baca juga: 10 Pengertian Yayasan Menurut Para Ahli

9. Handayani (2020)

Populasi adalah totalitas dari setiap elemen yang akan diteliti yang memiliki ciri sama, bisa berupa individu dari suatu kelompok, peristiwa, atau sesuatu yang akan diteliti.

10. Margono (2004: 118)

Populasi adalah seluruh data yang menjadi perhatian kita dalam suatu ruang lingkup dan waktu yang kita tentukan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker