Lifestyle

Arti OVT, Istilah Gaul yang Viral di Media Sosial

Belakangan ini ada banyak istilah-istilah baru yang bermunculan di sosial media yang kadang bikin bingung, salah satunya adalah OVT.

Istilah OVT sering seliweran di media sosial seperti Tiktok maupun Instagram. Meski viral, tak sedikit yang tahu apa arti OVT.

Apa itu OVT?

OVT adalah singkatan dari overthinking yang artinya berpikir berlebihan dalam berbagai hal, seperti karier, asmara, hingga masa depan.

Seseorang yang overthinking cenderung memikirkan sesuatu secara berulang-ulang hingga akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut lantaran overthinking dapat memecah fokus sehingga sering merenung dan justru membuat kondisi menjadi lebih runyam.

Misalnya, ketika ada orang yang terlalu memikirkan tentang masa depan, harusnya tidak perlu banyak dipikirkan, tapi dijalankan dengan berbagai upaya.

Ketika terlalu overthinking, waktu akan terbuang sia-sia serta produktivitas menjadi menurun karena kecemasan serta kegelisahan yang berlebihan.

Cara Mengendalikan Overthinking

OVT juga bisa membuat masalah kesehatan mental seseorang, sehingga hendaknya kita harus bisa mengendalikan pikiran dengan beberapa cara berikut ini:

1. Kesadaran diri

Langkah pertama adalah menyadari bahwa kita sedang overthinking. Beri pengertian kepada diri sendiri bahwa pikiran berlebihan ini tidak produktif dan dapat mengganggu kesehatan mental.

2. Batasi waktu berpikir

Tetapkan batasan waktu untuk merenungkan masalah atau situasi tertentu. Misalnya, berikan waktu 5 menit untuk memikirkan masalah tersebut dan setelah waktu itu berakhir, putuskan untuk berhenti dan lanjutkan dengan aktivitas lain.

3. Tulis isi pikiran

Cobalah menulis pikiran-pikiran dalam sebuah catatan. Cara ini dapat membantu kita menguraikan masalah, menyusun ide-ide, dan mengurangi kebingungan.

4. Fokus pada solusi

Alihkan perhatian dari masalah ke langkah-langkah yang dapat kita ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Fokus pada solusi dapat membantu mengurangi perasaan cemas.

5. Berbicara dengan orang lain

Berbicara dengan teman atau keluarga dapat membantu kita melepaskan pikiran berlebihan dan mendapatkan sudut pandang yang berbeda.

6. Meditasi dan relaksasi

Meditasi, pernapasan dalam, yoga, atau teknik relaksasi lainnya dapat membantu meredakan kecemasan dan menghentikan pikiran berlebihan.

7. Tetap aktif secara fisik

Olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.

Nah, itulah pengertian OVT yang viral di media sosial. Sekarang sudah tahu kan?

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker