Lifestyle

5 Alasan Mengapa Hosting Berkualitas Penting Bagi Kesuksesan Website

Dalam era digital yang semakin maju, memiliki website adalah sebuah keharusan bagi pelaku bisnis.

Seperti diketahui, saat ini hampir seluruh aktivitas, termasuk jual beli sudah beralih ke online. Maka untuk menjawab tantangan zaman, pelaku bisnis harus memiliki websitenya sendiri.

Selain itu, website juga bisa menjadi rujukan dan citra perusahaan. Sebab, kebiasaan calon pelanggan saat ini cenderung mengecek keberadaan brand di internet.

Biasanya, ketika sebuah brand memiliki website yang informasinya lengkap, calon pelanggan akan lebih percaya. Apalagi di dalam website tersebut tersedia testimoni dari orang lain.

Namun, memiliki website juga menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan. Sebab website yang efektif dan berkinerja baik tidak hanya tentang desain yang menarik atau konten yang berkualitas saja.

Salah satu faktor kunci yang sering diabaikan oleh banyak orang adalah memilih layanan hosting berkualitas.

Apa itu hosting?

hosting
hosting (pexels.com/Christina Morillo)

Hosting adalah layanan yang menyediakan ruang atau tempat penyimpanan digital pada server komputer yang terhubung ke internet.

Fungsi utama hosting adalah untuk menjalankan website atau aplikasi web sehingga dapat diakses oleh pengguna secara online.

Ketika kita memiliki website atau aplikasi web, semua file, data, gambar, dan konten terkait disimpan di server hosting.

Jadi, hosting adalah penentu bagimana sebuah website dapat berkembang dan sukses. Sehingga, hosting berkualitas sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Berikut adalah alasan mengapa hosting itu penting bagi kesuksesan sebuah website.

1. Hosting mempengaruhi kinerja website

Salah satu alasan utama mengapa hosting berkualitas penting adalah karena kinerja website yang cepat sangat dihargai oleh pengguna.

Pengunjung website biasanya tidak sabaran untuk menunggu lama saat website dimuat. Jika website lambat, pengunjung cenderung meninggalkannya sebelum melihat isi konten.

Mungkin kita pernah mengalami hal yang sama, ketika mengakses sebuah website dengan kecepatan lambat atau lemot, kita tidak sabar dan segera meninggalkan website tersebut.

Maka dari itu, hosting berkualitas menjamin kecepatan akses yang lebih baik karena server hosting yang handal memiliki kapasitas dan kecepatan yang lebih baik.

Selain itu, kecepatan website juga merupakan faktor penting dalam peringkat SEO. Mesin pencari seperti Google memprioritaskan website yang memiliki kecepatan tinggi dan stabil.

Jadi, hosting berkualitas dapat membantu website kita untuk mendapat peringkat yang lebih baik di hasil pencarian sehingga meningkatkan jumlah pengunjung.

Ada banyak jenis hosting yang dapat kita pilih, seperti shared hosting, cloud hosting, dedicated server hosting, dan sebagainya. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

2. Mendapat dukungan teknis

Ketika terjadi masalah dengan website, tentu kita memerlukan dukungan teknis untuk mengatasinya. Maka, memilih jasa hosting berkualitas adalah pilihan tepat.

Sebab biasanya layanan hosting menyediakan tim dukungan teknis yang ahli dan siap membantu kita dengan segala masalah yang mungkin timbul.

Mereka dapat membantu kita mengatasi masalah server, konfigurasi, keamanan, dan berbagai masalah lainnya.

Dukungan teknis yang baik juga bisa sangat penting dalam situasi darurat, seperti serangan siber atau kehilangan data.

Hosting berkualitas memiliki fitur pemulihan data dan langkah-langkah keamanan yang lebih kuat untuk melindungi website kita dari ancaman berbahaya.

3. Keamanan yang lebih baik

Keamanan website adalah hal yang tidak bisa diabaikan. Dengan serangan siber yang semakin sering terjadi, hosting berkualitas adalah pertahanan pertama untuk melindungi data dan informasi sensitif.

Hosting berkualitas biasanya dilengkapi dengan firewall, pemantauan keamanan, pembaruan sistem, dan alat keamanan lainnya yang dapat mengurangi risiko serangan siber.

Selain itu, hosting berkualitas juga menawarkan opsi seperti sertifikat SSL (Secure Socket Layer) untuk mengenkripsi data yang dikirim antara server dan pengguna.

Sehingga menjadikannya lebih sulit bagi pihak yang tidak sah untuk mengakses informasi pribadi atau rahasia.

4. Dukungan untuk lalu lintas yang tinggi

Jika website mengalami lonjakan lalu lintas yang tak terduga, hosting berkualitas akan dapat menangani beban tersebut tanpa mengalami gangguan atau penurunan kinerja.

Hosting yang tidak berkualitas cenderung overcapacity yang dapat menyebabkan website menjadi tidak responsif, alias lemot ketika ada lonjakan trafik yang tiba-tiba.

Hal ini sering terjadi ketika sebuah website memberi promo atau diskon terbaru, dimana banyak pengguna yang berlomba-lomba untuk mendapatkan promo tersebut.

Alhasil, website akan down karena dikunjungi banyak pengguna dalam satu waktu. Maka, memilih hosting dengan kapasitas besar perlu dipertimbangkan agar tidak terjadi masalah ketika mendapat trafik tinggi.

Bahkan, tak sedikit yang akhirnya memutuskan untuk menggunakan cloud vps untuk mengantisipasi jika suatu saat website mendapatkan lalu lintas tinggi.

5. Backup dan pemulihan data

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada kehilangan data berharga karena kegagalan perangkat keras atau serangan siber.

Hosting berkualitas selalu menawarkan layanan backup reguler dan pemulihan data yang memungkinkan kita mengembalikan website ke kondisi normal jika terjadi masalah.

Dengan pemulihan data yang baik, kita dapat memastikan keamanan serta kondisi website yang telah dibangun tidak akan hilang sia-sia.

Kita dapat mengembalikan website ke titik sebelum masalah terjadi, sehingga dapat melanjutkan pekerjaan tanpa banyak hambatan.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa hosting itu penting untuk kesuksesan sebuah website. Tak melulu soal bisnis, memilih hosting yang baik juga perlu dipertimbangkan oleh blogger maupun tokoh publik yang ingin membangun citra melalui dunia maya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker