Akademis

Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan?

Teknologi yang memanfaatkan panas yang ada dalam lapisan bumi untuk digunakan dalam penyediaan energi listrik dilakukan dengan?

a. geoelektrik
b. geopower
c. geotermal
d. geologi

Jawaban:

c. geotermal

Pembahasan:

Geotermal adalah teknik yang menggunakan panas yang terkumpul dalam lapisan bumi untuk menghasilkan energi listrik.

Proses ini memanfaatkan energi geotermal yang terdapat di dalam bumi untuk membangkitkan tenaga listrik dengan cara memanaskan air dan mengubahnya menjadi uap yang kemudian menggerakkan turbin untuk membuat listrik.

Baca juga: Bentuk aplikasi teknologi yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam memenuhi kebutuhannya namun tetap menjaga kelestarian lingkungan baik sekarang maupun yang akan datang merupakan pengertian dari?

Cara kerja energi geothermal:

Energi panas bumi dihasilkan oleh panas internal bumi. Inti bumi sangat panas, suhunya mencapai lebih dari 5.000 derajat Celcius.

Panas ini perlahan dialirkan ke permukaan melalui mantel dan kerak bumi. Di beberapa tempat, panas bumi cukup dekat ke permukaan untuk dimanfaatkan menjadi listrik.

Ada dua jenis utama pembangkit listrik tenaga geothermal:

1. Pembangkit listrik tenaga uap kilat (flash steam): Jenis pembangkit ini menggunakan air panas atau uap dari reservoir bawah tanah untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

2. Pembangkit listrik tenaga uap kering (dry steam): Jenis pembangkit ini menggunakan uap yang secara alami ada di bawah tanah untuk memutar turbin dan menghasilkan listrik.

Energi geothermal adalah sumber energi terbarukan yang tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca. Ini adalah sumber energi yang handal dan dapat beroperasi 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Namun, pembangunan dan pengoperasian pembangkit listrik tenaga geothermal bisa mahal, dan mungkin tidak cocok untuk semua lokasi.

Contoh pembangkit listrik tenaga geothermal:

Pembangkit Listrik Geysers di California adalah pembangkit listrik tenaga geothermal terbesar di dunia.

Pembangkit ini menghasilkan listrik yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 350.000 rumah.

Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal Hellisheidi di Islandia adalah salah satu pembangkit listrik tenaga geothermal paling efisien di dunia.

Pembangkit ini dapat mengubah lebih dari 80% energi panas bumi yang diambil menjadi listrik.

Energi panas bumi adalah teknologi menjanjikan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan energi bersih kita yang terus meningkat.

Seiring kemajuan teknologi, pembangkit listrik tenaga geothermal menjadi lebih hemat biaya dan efisien.

Hal ini membuat energi panas bumi menjadi pilihan yang layak untuk menghasilkan listrik di banyak wilayah di dunia.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)