Akademis

9 Pengertian Komputerisasi Menurut Para Ahli

Komputerisasi adalah pemanfaat komputer dan teknologi untuk melakukan suatu pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual menjadi otomatis.

Menurut KBBI, arti komputerisasi adalah penggunaan komputer (dalam menghitung, mengolah data, dan sebagainya) secara besar-besaran.

Komputerisasi dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta mengurangi kesalahan dan human error. Sehingga komputerisasi dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, dan pemerintahan

Komputerisasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern, dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Pengertian Komputerisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian komputerisasi menurut para ahli.

1. Mohammad Faisal Amir (2006 : 10)

Definisi komputerisasi merupakan satu metode pengolahan data dengan komputer sebagai alat utama.

2. Teguh Wahyono (2004: 49)

Arti komputerisasi adalah kegiatan pengelolaan data yang dilakukan sebagian besarnya menggunakan komputer sebagai alat bantu.

3. Hartono Jogiyanto (2002)

Komputerisasi adalah alat pengolah data yang mampu mengerjakan dengan kecepatan dan ketelitian yang sangat tinggi dan mampu mengerjakan berbagai proses dengan keterlibatan manusia yang minimum.

4. Sutabri (2016:103)

Sistem komputerisasi adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah instruksi program yang tersimpan di memori.

5. Jogiyanto (2009:77)

Sistem komputerisasi adalah penggunaan komputer sebagai alat bantu dalam kegiatan pengolahan data yang dilakukan secara manual. Data diubah menggunakan komputer yang sudah di program sebelumnya, pengolahan data ini dimulai dengan perekam hingga pada sampai pencetakan laporan.

6. Nana Mulyana (2004:5)

Komputerisasi adalah suatu sistem elekronika yang bekerja secara otomatis untuk mengolah data secara cepat, tepat, dan akurat serta dapat menerima, menyimpan data, dan menghasilkan suatu informasi berdasarkan instruksi atau program tang telah diberikan.

7. Robert H. Blissmer (1985)

Komputerisasi adalah sebuah seremoni elektronik yg memiliki kemampuan jalankan sekian banyak kemestian berpasangan seperti mengantongi input, memroses input, menaruh perintah-perintah dan sediakan output dekat wujud informasi.

8. Donald H. Sanderes (1985)

Komputerisasi adalah sistem elektronik yg mempunyai kemampuan yang merupakan pemanipulasi data bersama serentak dan serasi berulang terarah dan diorganisasikan biar dengan cara automatic dapat terkena dan menaruh data adalah juga sebagai input, seterusnya dapat memprosesnya, dan maka membuahkan output pada pemeriksaan semenjak langkah-langkah komando acara kepada Operating sistem yg terpendam di didalam medianpenyimpanan.

9. Zulkifli Amsyah (2003: 117)

Komputerisasi adalah alat pengolahan data elekronik tidak bersifat mekanis (mesin) dan dapat merekam dan mengolah data dari yang sederhana sampai yang paling rumit menjadi informasi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker